Manfaat Bengkuang, Sayuran Ramah Diabetes

Selasa, 12 September 2023 - 09:03 WIB
loading...
Manfaat Bengkuang, Sayuran Ramah Diabetes
Ada banyak buah-buahan dan sayuran di dunia yang dapat membuat Anda lebih sehat. Salah satunya bengkuang. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Ada banyak buah-buahan dan sayuran di dunia yang dapat membuat Anda lebih sehat. Salah satunya bengkuang.

Bengkuang yang dikenal dengan sebutan kentang meksiko ini merupakan salah satu sayuran tersembunyi yang banyak digunakan di Amerika Tengah.



Bengkuang merupakan tanaman umbi-umbian berkulit coklat yang kaya akan manfaat bagi manusia. Akar bengkuang kaya akan serat dan membantu mengatur sel darah, gula darah dan tekanan darah, sehingga merupakan makanan yang baik bagi mereka yang menderita penyakit kardiovaskular.

Anda bisa mendapatkan vitamin C dan potasium dari bengkuang. Ini juga merupakan makanan rendah kalori. Jumlah kalorinya menjadikannya pilihan yang sehat jika Anda mencoba untuk tetap sehat.

Bengkuang bisa dimakan mentah, dimasak atau diasamkan. Ini sering digunakan sebagai tambahan dalam salad, tumisan, dan bahkan sup .

Manfaat bengkuang yang bergizi dapat membantu tubuh dalam berbagai cara. Berikut kandungan gizi bengkuang per 1 cangkir (130g) pada kalimat (2):
Bengkuang memiliki 49 kalori per cangkir.

1 cangkir bengkuang mengandung 0,1 gram lemak. Jumlah ini mengandung 0 gram lemak jenuh dan 0 miligram kolesterol.

Terdapat 5,2 miligram natrium, 195 miligram kalium, dan 11 gram total karbohidrat dalam 130g bengkuang.

Bangkuang memiliki 6 gram serat makanan, 2,3 gram gula alami, dan 0,9 gram protein.

Seratus tiga puluh gram bengkuang juga menyumbang 43% dari nilai harian vitamin C, 1% dari nilai harian kalsium, 2% asam pantotenat, dan 4% dari nilai harian zat besi.
Ini juga merupakan sumber Vitamin B6 yang sehat.
Manfaat Bengkuang, Sayuran Ramah Diabetes

Manfaat Bengkuang bagi Kesehatan

1. Serat

Serat sangat penting untuk kesehatan usus. Itu membuat usus besar bersih dan sehat. Serat juga membantu penyerapan air dan menjaga tubuh tetap ringan.

2. Prebiotik

Prebiotik adalah makanan bagi bakteri baik di perut. Sebaliknya, mereka difermentasi oleh bakteri baik di usus. Prebiotik membantu meningkatkan kesehatan usus.

3. Probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup, mirip dengan bakteri baik yang secara alami hidup di usus. Bakteri ini membantu memecah makanan kompleks dan menyerap nutrisi.


4. Antioksidan

Antioksidan dapat membantu melindungi usus dari kerusakan. Senyawa ini juga menjaga jaringan ikat tetap muda.

5. Air

Air sangat penting untuk kesehatan usus. Ini membantu fungsi otot polos dan membantu mengeluarkan racun. Ini adalah salah satu manfaat bengkuang yang paling menonjol.

Bengkuang memiliki beberapa khasiat yang disebutkan di atas sehingga baik untuk tubuh. Bengkuang juga memiliki banyak khasiat tambahan yang membuatnya lebih baik bagi penderita diabetes. Sayuran ini memiliki manfaat sebagai berikut untuk tubuh.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)