Sudah Makan Banyak tapi Susah Gemuk? Perhatikan 4 Faktor Ini

Selasa, 12 September 2023 - 07:01 WIB
loading...
Sudah Makan Banyak tapi Susah Gemuk? Perhatikan 4 Faktor Ini
Memiliki badan ideal menjadi keinginan kebanyakan orang. Mereka yang memiliki kelebihan berat badan, tentu ingin lebih langsing. Demikian sebaliknya. Foto/ times of india.
A A A
JAKARTA - Memiliki badan ideal menjadi keinginan kebanyakan orang. Mereka yang memiliki kelebihan berat badan , tentu menginginkan langsing. Demikian sebaliknya, mereka yang kurus, berharap memiliki tubuh berisi yang ideal.

Nah, khusus bagi mereka yang sudah banyak makan, tetapi tidak gemuk-gemuk, ini menjadi perhatian tersendiri. Perawat Rizal Do dalam akun Twitter miliknya mengatakan ada banyak sekali faktor yang memengaruhi sudah banyak makan, tapi susah gemuk.


1. Tipe metabolisme

Memiliki tipe metabolisme yang lebih cepat membakar kalori dibanding yang lainnya. Artinya, badan membakar kalori lebih cepat dibanding yang lain, bahkan saat sedang istirahat. Tapi, seiring bertambahnya usia, metabolisme juga bisa makin melambat.

2. Kadar aktivitas tinggi

Memiliki kadar aktivitas fisik yang tinggi per hari bisa membuat badan Anda membakar lebih banyak kalori dibandingkan mereka yang menetap.
Sudah Makan Banyak tapi Susah Gemuk? Perhatikan 4 Faktor Ini

3. Jenis makanan

Jenis makanan yang dimakan kebetulan memiliki kalori yang rendah, namun cepat bikin kenyang. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak sayurnya.

4. Genetik

Mempunyai keturunan genetik karena keluarga sebagian besar juga mengalami kondisi yang serupa. Hal ini perlu diperhatikan, terutama untuk yang mempunyai perut dalam kondisi buncit, sementara tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya tidak ikut mengalami perkembangan.



Kesimpulannya, dikutip Times of India, gen setiap orang memang memiliki porsinya masing-masing untuk menentukan berat badannya, tetapi itu bukan satu-satunya alasan menjadi pendorong untuk memiliki tubuh harus ideal.

Perbaiki pola hidup sehat dengan tidur yang cukup, pemilihan makanan, aktivitas fisik juga menentukan berat badan.

Jadi, jika Anda benar-benar ingin mencoba untuk membentuk berat badan ideal, jangan hanya fokus pada makan lebih sedikit atau lebih banyak bergerak, melainkan buat perubahan dalam kebiasaan gaya hidup. Ini juga akan membantu Anda menemukan berat badan ideal Anda secara efektif dan akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)