Obesitas Bisa Menyebabkan Kanker, Ini 5 Gejalanya

Selasa, 12 September 2023 - 09:33 WIB
loading...
Obesitas Bisa Menyebabkan Kanker, Ini 5 Gejalanya
Obesitas dapat menyebabkan perubahan pada tubuh, termasuk peradangan dan kadar insulin yang lebih tinggi dari normal hingga berisiko kanker. Foto/ India.
A A A
JAKARTA - Kanker semakin menjadi perhatian di kalangan remaja. Ini adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Berdasarkan studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Oncology, kasus kanker di antara orang berusia 14 hingga 49 tahun meningkat hampir 80 persen, dari 1,82 juta menjadi 3,26 juta, antara tahun 1990 hingga 2019.



Menurut Guardian, The Penelitian ini bukanlah penelitian pertama yang menunjukkan tren tersebut. Sebuah tinjauan pada 2022 terhadap catatan registrasi kanker dari 44 negara menemukan bahwa kejadian kanker dini meningkat pesat untuk 14 jenis kanker dan peningkatan ini terjadi di banyak negara berpenghasilan menengah dan tinggi.

Bagaimana obesitas menyebabkan kanker?

Kelebihan berat badan dapat merugikan kesehatan kita dengan cara yang mungkin tidak kita sadari. Obesitas adalah masalah kesehatan lain yang meningkat terutama di kalangan remaja. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah salah satu kontributor utama penambahan berat badan.

Apa itu obesitas? Menurut Indeks Massa Tubuh yang digunakan sebagai skala pengukuran, atau orang dewasa, seseorang dengan BMI 25,0 hingga 29,9 dianggap kelebihan berat badan. Seseorang dengan BMI 30,0 atau lebih tinggi mengalami obesitas.
Obesitas Bisa Menyebabkan Kanker, Ini 5 Gejalanya


Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, kelebihan berat badan dan obesitas dapat menyebabkan perubahan pada tubuh termasuk peradangan jangka panjang dan kadar insulin yang lebih tinggi dari normal, faktor pertumbuhan mirip insulin, dan hormon seks.

Perubahan ini dapat menyebabkan kanker. Risiko kanker meningkat seiring dengan bertambahnya berat badan berlebih yang dimiliki seseorang dan semakin lama seseorang mengalami kelebihan berat badan.

Obesitas dapat menyebabkan berbagai jenis kanker:
Kanker payudara
Usus besar dan rektum.
Rahim.
Kantong empedu.
Perut bagian atas.
Ginjal.
Hati.
Ovarium.
Pankreas.
Tiroid.

5 Gejala Kanker

1. Nyeri panggul saat menstruasi

Perubahan siklus menstruasi yang terus-menerus, kram yang tidak normal bisa menjadi tanda kanker serviks .

2. Kembung

Sering mengalami kembung selama lebih dari dua-tiga minggu bisa menjadi tanda kanker ovarium.

3. Sakit kepala kronis

Sakit kepala parah yang berlangsung selama berminggu-minggu dapat menjadi indikasi pertumbuhan tumor otak.


4. Buang air besar

Perubahan kebiasaan buang air besar atau kandung kemih menjadi salah satu tanda.

5. Batuk

Batuk yang terjadi terus-menerus atau kesulitan bernapas bisa juga harus diwaspadai.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)