Konsep Pariwisata Era Baru, Sandiaga Uno Sebut KEK Likupang sebagai Regenerative Tourism Area

Selasa, 12 September 2023 - 12:03 WIB
loading...
Konsep Pariwisata Era Baru, Sandiaga Uno Sebut KEK Likupang sebagai Regenerative Tourism Area
Menparekraf Sandiaga Uno mendukung pengembangan KEK Likupang, Sulawesi Utara dalam konsep Regenerative Tourism Area. Foto/ novie fauziah.
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan dukungannya pada pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang di Sulawesi Utara dalam konsep Regenerative Tourism Area atau Kawasan Pariwisata Regeneratif, di mana di dalamnya mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan dan sosial sekitar.

Sandiaga Uno menjelaskan, KEK Likupang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2019 pada 6 Desember 2019 yang diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi regional.

Sandiaga juga mengatakan, KEK Likupang ini tidak lepas dari peran pemerintah daerah. Regenerative tourism ini adalah konsep pariwisata era baru, yang justru bukan hanya menjaga kelestarian lingkungan tapi juga berkontribusi secara positif terhadap isu-isu perubahan iklim dan juga isu-isu perubahan emisi karbon.



Lebih lanjut, kata Sandiaga Uno, konsep pengembangan KEK Likupang ini cukup berbeda dengan KEK lainnya yaitu regenerative tourism yang mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan dan sosial.

“KEK Likupang perlu dukungan dari semua pihak, kita harus pastikan program 5 Destinasi Prioritas dari Presiden Joko Widodo ini sukses dan kami akan mendorong regenerative tourism yang akan membawa dampak positif bukan hanya kepada lingkungan tapi juga masyarakat sekitarnya,” katanya dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023).

Direktur Operasional PT Minahasa Permai Resort Development selaku BUPP KEK Likupang Paquita Widjaja menambahkan, bahwa Likupang mempunyai karakter tersendiri. Di mana Indonesia memiliki wilayah sangat luas dengan ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Demikian pula dengan kekayaan alamnya yang sangat melimpah. Letak geografis dan astronomis Indonesia juga berpengaruh terhadap kekayaan fauna yang mendiami wilayah tanah air Indonesia.

“Indonesia itu hampir semuanya cantik dari alam dan budaya. Yang membedakan kami di Minahasa Utara adalah kami tidak hanya berada di Wallace line tetapi juga di jantung Coral Triangle, dengan biodiversitas yang ada di wilayah ini yang khas. Itulah yang menjadi keunggulan KEK Likupang,” terangnya.



Sementara itu, Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda mengatakan, pemerintahan daerah terus mendukung pembangunan KEK Likupang yang saat ini telah dibangun fasilitas jalan dari Bandara ke KEK Likupang segmen pertama.

"Segmen kedua akan didanai APBD dari Pemkab Minahasa Utara dengan panjang 1,7 kilometer," ujar dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)