Rutin Gowes? Nikmati Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh Berikut Ini

Rabu, 13 September 2023 - 13:27 WIB
loading...
Rutin Gowes? Nikmati Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh Berikut Ini
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Salah satu jenis olahraga yang digemari banyak orang adalah bersepeda. Bukan tanpa alasan, soalnya, ada banyak banget manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan kalau rutin gowes.

Bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah pun menurun sehingga baik untuk mereka yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Olahraga ini juga dapat melatih otot tubuh seperti otot perut, paha, betis, dan kaki. Untuk menjaga kebugaran, sebaiknya berolahraga dalam seminggu dengan intensitas ringan hingga sedang sekitar 30 menit sebanyak 3 kali seminggu.



Untuk mengetahui manfaatnya, simak artikel berikut ini!

5 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengendarai sepeda adalah aktivitas yang membuat jantung berdetak lebih cepat, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan detak jantung istirahat Anda. Anda bisa mendapatkan manfaat kardiovaskular yang sama dari bersepeda seperti yang didapatkan dari berjalan, berlari, atau senam.

2. Mencegah Risiko Terjadinya Diabetes

Kurangnya aktivitas olahraga menjadi salah satu faktor risiko penyebab diabetes. Bersepeda secara rutin merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko dan mengelola kondisi diabetes.

Untuk mendapat manfaat bersepeda secara optimal, Anda dapat mengkombinasikan kegiatan bersepeda secara rutin dengan pola makan bergizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

3. Menjaga Berat Badan

Bersepeda dapat menjaga berat badan, ini karena kegiatan tersebut dapat membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh.

4. Menurunkan Tingkat Stres

Ketika bersepeda, tubuh akan menurunkan kadar hormon stres seperti adrenalin dan kortisol di dalam tubuh. Tidak hanya itu, melihat dan menikmati pemandangan saat bersepeda juga dapat menurunkan stres yang sedang dialami.

5. Menguatkan Pikiran dan Jiwa

Enzim endorfin akan dihasilkan saat berolahraga dan ini akan membuat kepercayaan diri meningkat. Keluar di alam dan merasakan udara yang segar serta angin sepoi-sepoi di wajah sangat baik untuk jiwa.

Anda dapat menikmati alam bebas saat mengayuh, menghargai keindahan matahari terbit, terbenam, serta pemandangan dari dekat ke satwa liar, bunga, dan tumbuhan. Pilih jalur bersepeda yang memiliki pemandangan indah supaya Anda benar-benar dapat merasakan manfaatnya.

Hal yang Perlu Dipersiapkan agar Bersepeda Lebih Aman

1. Menggunakan pakaian khusus bersepeda, serta menghindari pakaian longgar yang mudah tersangkut pada rantai sepeda.
2. Menggunakan pelindung kepala, siku, dan lutut untuk meminimalisir luka dan cedera akibat jatuh dari sepeda.
3. Membawa minuman saat bersepeda agar tidak kehausan dan dehidrasi.
4. Mematuhi peraturan lalu lintas dan memperhatikan kendaraan bermotor serta pejalan kaki di sekitar. Lebih baik menggunakan jalur khusus sepeda apabila tersedia.
5. Memeriksa kondisi bersepeda sebelum digunakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika kondisi sepeda sudah mulai mengalami kerusakan, Anda perlu memperbaikinya, atau bahkan mengganti dengan unit yang baru. Jangan lupa untuk selalu memilih sepeda berkualitas sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama, seperti Element Bike misalnya.

Selain berkualitas, Element Bike juga dibanderol dengan harga yang terjangkau. Apalagi kalau belinya di AladinMall, Anda bisa dapat harga coret superhemat serta gratis ongkir tanpa batas! Penasaran? Download aplikasinya di Google Play Store sekarang juga!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)