Gen Z Wajib Tahu! Inilah Manfaat Jamu Tradisional untuk Kesehatan

Rabu, 13 September 2023 - 14:19 WIB
loading...
Gen Z Wajib Tahu! Inilah Manfaat Jamu Tradisional untuk Kesehatan
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Di tengah maraknya obat-obatan berbahan dasar kimia, masih ada yang mempercayai khasiat dan manfaat jamu tradisional. Bahkan, mengonsumsi jamu jadi rutinitas.

Ya, manfaat jamu bagi kesehatan sudah sangat lekat dengan masyarakat Indonesia. Beberapa bahan baku jamu pun kini telah melalui uji klinis, sehingga dapat dipastikan efektivitas dan manfaatnya.

Jamu tradisional khas Indonesia terbuat dari bahan-bahan alami yang banyak tumbuh di berbagai wilayah Indonesia. Ada sekitar 2.500an jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional, baik sebagai suplemen maupun pengobatan penyakit.


Manfaat Jamu Tradisional

1. Melangsingkan Badan

Jamu untuk melangsingkan badan lazim disebut dengan jamu galian singset. Jamu ini adalah minuman tradisional masyarakat Jawa yang terbuat dari beberapa bahan alami seperti daun jati Belanda, kunir putih dan temulawak.

Untuk menurunkan berat badan, kamu harus merebus semua bahan tersebut, lalu air hasil rebusan diminum sebagai pelangsing. Anda masih diperkenankan menambah pemanis rasa alami seperti madu.

2. Mengobati Flu dan Masuk Angin

Manfaat jamu tradisional selanjutnya adalah ampuh mengobati flu dan masuk angin. Gejala yang kerap dirasakan ketika masuk angin di antaranya perut kembung, badan terasa tidak fit, mual, pilek, sakit kepala, muntah sampai merasa kedinginan. Sementara gejala flu berupa batuk dan pilek.

Bila muncul gejala tersebut, jamu yang biasa dikonsumsi masyarakat di Indonesia adalah tolak angin yang memiliki kandungan Foeniculi Fructus (Buah Adas), Isorae Fructus (Kayu Ules), Caryophylli Folium (Daun Cengkeh), Zingiberis Rhizoma (Jahe), Daun Mint, Echinacea, Phyllanthus Niruri (Meniran), Valerian, Panax Ginseng.

3. Menghangatkan Tubuh

Untuk menghangatkan tubuh, umumnya masyarakat menggunakan rebusan air jahe dapat. Jamu yang dikenal juga minuman jahe wangi ini membantu meredakan perut kembung, batuk atau sakit tenggorokan akibat sistem imun yang menurun

Penelitian juga membuktikan bahwa jahe dapat mengatasi mual akibat masuk angin. Di samping manfaatnya dalam mengurangi gejala mual, mengonsumsi air rebusan jahe juga dapat menghangatkan tubuh dari gejala kedinginan.

4. Memperkuat Imunitas Tubuh

Imunitas merupakan sistem yang bekerja dengan membentuk semacam barikade untuk menghalangi patogen yang hendak masuk menyerang tubuh. Sistem imun yang kuat jadi salah satu jaminan kesehatan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan sistem imun yang kuat. Selain rutin berolahraga, tidur cukup, dan menghindari stres, minum jamu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ramuan bahan alami seperti kunyit asam, beras kencur dan temulawak terbukti ampuh tingkatkan kekebalan tubuh.

5. Untuk Vitalitas Ranjang

Masalah seksual seperti ejakulasi dini, nafsu rendah, disfungsi ereksi dan masalah lainnya kerap dialami pria. Jika kamu memiliki masalah ini, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter. Sebagai alternatif, jangan ragu mengonsumsi jamu kuat atau minuman herbal agar stamina di ranjang makin joss. Bahan alami yang umum dikonsumsi adalah ginseng, maca, pasak bumi dan purwoceng.

Itulah lima manfaat jamu tradisional yang ampuh mengobati penyakit. Dapatkan berbagai produk jamu Sidomuncul dengan potongan harga menari dan gratis ongkir hanya di AladinMall. Untuk mendapatkan berbagai promo belanja lainnya, download langsung aplikasi AladinMall di Play Store.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)