5 Ikan yang Baik Dimakan Tiap Hari, Perhatikan Cara Membuatnya

Minggu, 17 September 2023 - 08:01 WIB
loading...
5 Ikan yang Baik Dimakan Tiap Hari, Perhatikan Cara Membuatnya
Ikan merupakan sumber nutrisi penting. Namun, ada ikan terbaik yang boleh dimakan setiap hari atau setiap minggu. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Ikan merupakan sumber nutrisi penting. Namun, ada ikan terbaik yang boleh dimakan setiap hari atau setiap minggu.

Ikan mengandung protein berkualitas tinggi, asam lemak esensial tak jenuh (seperti asam lemak tak jenuh ganda omega-3), kalsium, zat besi, selenium, seng, dan banyak mineral serta vitamin lainnya.



Ikan juga mengandung asam amino dan telah terbukti efektif dalam mengurangi perkembangan elemen kronis yang menyebabkan kanker, diabetes tipe-2 dan masalah kardiovaskular lainnya.

Konsumsi ikan juga terbukti mengurangi risiko depresi, stroke dan penurunan kesehatan mental. Selain itu, menambahkan ikan ke dalam makanan telah diakui efektif untuk perkembangan otak dan berbagai kondisi peradangan seperti penyakit usus, asma dan radang sendi.

Dilansir pinkvilla pada Minggu (17/9/2023), ada ikan terbaik untuk dkonsumsi tiap hari. Berikut ulasannya.

1. Ikan herring

Ikan herring mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D. Mengkonsumsi ikan herring terbukti bermanfaat untuk penyakit kardiovaskular. Hal ini juga berdampak pada penurunan risiko depresi dan kanker. Jadi, jika Anda mencari ikan terbaik untuk manfaat kesehatan, Ikan herring mungkin merupakan pilihan yang baik karena memiliki kadar merkuri yang cukup rendah.

Cara Makan Terbaik:
Anda bisa memanggang, menggoreng atau menggoreng ikan herring. Banyak orang juga lebih suka mengonsumsi cuka acar ikan haring.
5 Ikan yang Baik Dimakan Tiap Hari, Perhatikan Cara Membuatnya

2. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak tak jenuh ganda omega rantai panjang yang terbukti cukup menyehatkan. Ini juga telah terbukti mengurangi tekanan darah, aritmia jantung, agregasi trombosit, respons inflamasi, dan pertumbuhan plak aterosklerotik. Tidak hanya itu, salmon juga terbukti meningkatkan kesehatan otak, jantung dan perkembangan retina selain berdampak pada kesehatan tulang, gangguan mood, dan penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Cara Makan Terbaik:
Anda bisa mengonsumsi ikan berlemak ini dengan cara dikukus, digoreng, atau diasamkan. Anda juga bisa menikmatinya dengan kentang tumbuk atau nasi.

3. Sarden

Memasukkan ikan sarden ke dalam makanan manusia terbukti cukup efektif. Sarden adalah sumber yang sangat kaya akan arginin esensial dan fungsional yang berfungsi sebagai bahan penyusun sebanyak 20 protein.

Sarden juga mengandung kalsium, potasium, magnesium, seng, zat besi, dan nutrisi lain yang memodulasi peradangan ringan dan memperburuk stres oksidatif yang terkait dengan penyakit kardiovaskular. Tidak salah untuk mengatakan bahwa ikan sarden termasuk ikan yang paling aman untuk dimakan, mengingat ikan tersebut bukan ikan yang mengandung merkuri tinggi.

4. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi karena kualitas dan rasanya yang kaya protein. Minyak limbah ikan tuna juga mengandung asam lemak omega-3-6 rantai panjang yang terbukti memiliki potensi besar bagi kesehatan dalam mengurangi berbagai penyakit.

Cara Makan Terbaik:
Anda bisa memasukkan ikan tuna ke dalam salad Anda atau menikmatinya dengan pasta dan mie.

5. Ikan bandeng Hering

Ikan bandeng Hering yang dibudidayakan dan bandeng Hering liar juga banyak dikonsumsi sebagai makanan laut. Namun, bandeng Hering yang dibudidayakan merupakan pesaing kuat bandeng, Hering dalam hal kualitas, kandungan asam lemak esensial, dan warna fillet yang lebih menarik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)