Bolehkan Minum Teh Setiap Hari?

Minggu, 17 September 2023 - 09:02 WIB
loading...
Bolehkan Minum Teh Setiap Hari?
Bolehkan minum teh setiap hari? Pertanyaan ini kerap diutarakan. Pasalnya, sebagian di antara pencinta teh khawatir akan efeknya bagi kesehatan. Foto/ getty.
A A A
JAKARTA – Bolehkan minum teh setiap hari? Pertanyaan ini kerap diutarakan bagi mereka yang suka menikmati minuman nikmat ini. Pasalnya, sebagian di antara mereka khawatir akan efeknya bagi kesehatan.

Ya, menyeruput secangkir teh setiap hari bisa jadi salah satu hal terbaik yang bisa Anda dapatkan. Sebab itu, teh sebagai minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia setelah air dan dikonsumsi oleh lebih dari dua pertiga populasi dunia. Hal itu berdasarkan data jurnal Nutrients pada 2019.

Fakta Nutrisi Teh

Dilansir eatingwell pada Minggu (17/9/2023), teh adalah istilah yang mencakup teh asli dan teh herbal. Ada empat jenis teh yang termasuk dalam kategori teh sebenarnya: teh hijau, teh hitam, teh oolong dan teh putih.



Keempat teh tersebut berasal dari tanaman Camellia sinensis. Apa yang membuat setiap teh unik baik dari segi rasa maupun manfaat kesehatannya adalah apakah daunnya dipanaskan atau dioksidasi selama prosesnya.

Teh herbal bukanlah teh yang sebenarnya, melainkan minuman yang dibuat dengan merendam herba, bunga, akar atau bahan lainnya ke dalam air. Namun, teh herbal tertentu mengandung senyawa unik yang mungkin memberikan manfaat kesehatan. Ini bervariasi berdasarkan bahan apa yang termasuk dalam campuran teh.
Bolehkan Minum Teh Setiap Hari?


Meski teh sejati hanya menyediakan sedikit nutrisi makro, teh merupakan sumber senyawa tanaman yang disebut flavan-3-ols. Sebagaimana dicatat dalam Advances in Nutrition edisi 2022, satu porsi 8 ons teh hijau menyediakan 319 miligram flavan-3-ols; porsi teh hitam yang sama menyediakan 277 mg senyawa tanaman ini.

Salah satu flavan-3-ol spesifik yang ditemukan dalam teh asli adalah epigallocationchin-3-gallate (EGCG), yang memiliki sifat anti-inflamasi, menurut sebuah studi tahun 2023 di International Journal of Molecular Sciences.

Teh asli juga mengandung L-theanine, asam amino, yang dapat membantu orang merasa lebih waspada, menurut artikel ulasan di Cureus pada 2021.
Teh adalah minuman yang mudah dimasukkan ke dalam pola makan sehat, dan telah dinikmati di banyak budaya selama berabad-abad. Berfokus pada teh hijau, hitam, oolong, atau putih, penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat kesehatan unik bagi peminum teh biasa.

Konsumsi flavan-3-ols, senyawa tanaman yang ditemukan dalam teh asli dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung, termasuk penurunan tekanan darah, kolesterol dan gula darah, menurut studi Advances in Nutrition yang disebutkan di atas. Usahakan untuk mengonsumsi 400 hingga 600 mg flavan-3-ols setiap hari, menurut penelitian atau setara dengan dua cangkir teh hitam atau hijau.

Amankah minum teh setiap hari?

Tidak hanya aman untuk minum teh setiap hari, tetapi hal itu juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Dua cangkir teh hijau atau hitam akan memberi Anda jumlah flavan-3-ols yang disarankan yang harus dikonsumsi seseorang setiap hari.

Teh mana yang paling sehat?

Teh yang berbeda menawarkan manfaat kesehatan yang unik. Ada data kuat yang menunjukkan bahwa varietas teh seperti hitam dan hijau dikaitkan dengan kesehatan jantung dan kognitif yang lebih baik, kekebalan tubuh dan banyak lagi.

Apakah teh lebih sehat daripada kopi?

Baik teh maupun kopi mengandung antioksidan, sangat rendah kalori dan dapat menyediakan kafein. Mereka juga mengandung senyawa antioksidan unik yang mendukung banyak aspek kesehatan Anda, termasuk mengurangi risiko penyakit kronis. Silakan minum teh atau kopi (atau keduanya!).

Minum teh setiap hari merupakan kebiasaan sehat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam berbagai cara. Tidak hanya minuman rendah kalori, teh hitam, hijau, oolong, dan putih mengandung senyawa unik seperti flavan-3-ols yang mendukung kesehatan jantung. Membiasakan minum teh setiap hari adalah cara sederhana untuk mendukung kesehatan Anda dengan cara yang sangat mudah.

Potensi Efek Samping

Tidak ada keraguan bahwa minum teh dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Namun, minum teh setiap hari mungkin memiliki beberapa dampak negatif.

Noda Gigi

Konsumsi teh hitam dapat menyebabkan gigi ternoda atau berubah warna. Namun, menambahkan sedikit susu ke dalam minuman Anda dapat meminimalkan perubahan warna yang Anda lihat.


Sulit Tidur

Jika Anda sensitif terhadap kafein, memilih teh berkafein mungkin membuat Anda tetap terjaga di malam hari, sehingga mengurangi waktu tidur Anda. Tentu saja, Anda selalu dapat memilih teh tanpa kafein atau teh herbal (yang secara alami tanpa kafein) untuk minuman yang menenangkan dan membantu tidur.

Sulit Menyerap Zat Besi

Teh hitam dan hijau mengandung senyawa alami yang disebut tanin dan oksalat. Senyawa ini dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, mineral yang penting untuk membuat protein yang membawa oksigen dalam darah. Hal itu berdasarkan artikel Korean Journal of Family Medicine 2023.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)