9 Manfaat Cengkih yang Menakjubkan, Atasi Peradangan hingga Mengatur Gula Darah

Minggu, 17 September 2023 - 12:03 WIB
loading...
9 Manfaat Cengkih yang Menakjubkan, Atasi Peradangan hingga Mengatur Gula Darah
Cengkih merupakan rempah-rempah dengan aroma yang kuat dan kerap digunakan untuk memperkaya bumbu masakan. Cengkeh juga bisa meningkatkan kesehatan. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA – Cengkih merupakan rempah-rempah dengan aroma yang kuat dan kerap digunakan untuk memperkaya bumbu masakan. Tidak itu saja, cengkeh juga bisa meningkatkan kesehatan.

Cengkih bersifat antagonis terhadap infeksi, bersifat antibakteri, steril dan meredakan peradangan yang menyakitkan. Cengkeh juga sebagai sumber mineral, lemak tak jenuh omega-3, serat dan vitamin.


Manfaat Cengkih

1. Sifat Anti-inflamasi

Eugenol adalah zat antiinflamasi ampuh yang ditemukan dalam rempah cengkeh. Eugenol cengkeh diketahui menurunkan penanda pemicu peradangan dalam darah—-sitokin yang dapat membantu peradangan, seperti pada arthritis. Hal ini juga berlaku untuk minyak esensial ekstrak cengkeh, suatu bentuk umum dari cengkeh yang dapat melawan peradangan pada mulut dan tenggorokan.

2. Meredakan Rasa Sakit

Efek pereda nyeri cengkeh disebabkan oleh senyawa aktif eugenol. Ini adalah analgesik alami dengan sifat anti-inflamasi dan anestesi lokal (mati rasa). Oleh karena itu, ekstrak cengkeh untuk sementara dapat melumpuhkan ujung saraf lokal jika dioleskan secara topikal.

Efek pereda nyeri ini membantu mengobati kondisi seperti sakit gigi, nyeri otot, dan sakit kepala. Sifat anti-inflamasinya dapat mencegah produksi zat inflamasi seperti prostaglandin dan sitokin, yang memicu rasa sakit pada tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Cengkih memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan analgesik yang dapat membantu meredakan sakit gigi, menyegarkan napas, dan meningkatkan kesehatan mulut.

Anda bisa mengoleskan sedikit minyak ekstrak cengkeh pada kapas dan menempelkannya pada area yang sakit untuk meredakan sakit gigi dan pembengkakan gusi. Namun jika tidak membaik, carilah bantuan medis.
9 Manfaat Cengkih yang Menakjubkan, Atasi Peradangan hingga Mengatur Gula Darah

4. Sifat Anti-mikroba

Manfaat cengkeh termasuk potensi sifat antibakteri dan antijamurnya, menjadikannya obat yang sangat baik untuk banyak infeksi. Minyak rempah cengkeh dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan jamur di mulut, tenggorokan, telinga, dan kulit.

Menurut penelitian, minyak ramuan cengkeh menghambat pertumbuhan listeria, bakteri umum lainnya yang diketahui menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui makanan. Hal ini menunjukkan bahwa minyak cengkeh mungkin bermanfaat untuk mencegah keracunan makanan.

5. Sifat Anti-parasit

Cengkih memiliki sifat anti-parasit yang kuat, membantu menghilangkan parasit usus seperti nematoda dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

6. Meningkatkan Pencernaan

Ramuan cengkeh sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan sakit perut, meredakan gangguan pencernaan dan mengurangi kembung. Beberapa senyawa dalam minyak cengkeh membantu mencegah sakit maag—dapat mengentalkan lendir lambung, melindungi lapisan lambung dan mencegah tukak lambung.

Cengkih juga memiliki kualitas antijamur dan antibakteri yang membantu melawan infeksi pencernaan, sehingga bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami masalah pencernaan.

7. Sifat Antioksidan

Cengkih mengungguli blueberry dengan konsentrasi antioksidan lebih dari 30 kali lipat. Antioksidan sangat penting untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Sel mungkin menjadi lebih rentan terhadap penyakit kronis seperti penyakit saraf dan gejala penuaan lainnya, dengan cedera akibat radikal bebas. Kualitas antioksidan ekstrak rempah cengkeh telah terbukti menghambat pertumbuhan tumor dan mendorong regenerasi sel.


8. Anti-penuaan

Cengkih mengandung antioksidan kuat yang melawan radikal bebas dan mengurangi proses penuaan. Antioksidan ini melindungi kulit dari stres oksidatif dan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Efek revitalisasinya membantu menjaga penampilan awet muda dengan mengurangi tanda-tanda penuaan.

9. Mengatur Gula Darah

Minyak rempah cengkeh mengandung eugenol dan asetil eugenol, yang terbukti memodulasi jalur yang terlibat dalam metabolisme glukosa. Senyawa lain yang disebut nigericin diketahui meningkatkan sekresi insulin dan dengan demikian membantu pengelolaan diabetes.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)