7 Peralatan Dapur dan Fungsinya, Rice Cooker hingga Rak Piring

Kamis, 14 September 2023 - 11:02 WIB
loading...
7 Peralatan Dapur dan Fungsinya, Rice Cooker hingga Rak Piring
Sebelum memasak ada baiknya Anda mengetahui peralatan dapur dan fungsinya. Tujuannya agar tidak salah menggunakan alat masak. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Sebelum memasak masakan favorit, ada baiknya Anda mengetahui peralatan dapur dan fungsinya . Tujuannya, agar tidak salah dalam menggunakan alat masak.

Setiap rumah pasti mempunyai dapur. Sebab, dapur adalah salah satu ruangan utama yang harus ada. dalam sebuah hunian.

Dapur merupakan tempat untuk melakukan kegiatan memasak. Di dapur, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas memasak seperti menanak nasi, membuat roti, menggoreng ayam dan berbagai makanan lainya.

Karena sering dijadikan sebagai sentra kegiatan memasak, dapur harus diisi dengan peralatan besar maupun kecil yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan kegunaanya.

Peralatan Dapur dan Fungsinya

Rice Cooker
Untuk memasak nasi, kamu bisa menggunakan rice cooker. Selain bisa untuk menanak nasi rice cooker juga sering digunakan untuk memasak bubur, sup, cake, aneka dessert dan menghangatkan berbagai masakan yang belum dimakan.

Food Processor
Food processor berguna sebagai pencacah daging, blender, penggiling bumbu, smoothie, penghancur es batu hingga pengupas bawang putih. Food processor bisa digunakan untuk memproses dua atau lebih bahan makanan sekaligus. Sehingga, kamu bisa mendapatkan olahan makanan dengan nutrisi lengkap yang siap dikonsumsi.

Wajan
Jika ingin membuat tumisan sayur atau makanan yang digoreng, maka wajan adalah peralatan dapur yang Anda butuhkan. Untuk wajan, sebaiknya gunakan bahan anti lengket untuk memudahkan Anda ketika memasak dan membersihkannya. Sebaiknya Anda memilih wajan dengan bahan aluminium karena ringan serta dapat menyebarkan panas secara merata agar makanan matang dengan lebih cepat. Selain memilih wajan berbahan aluminium, Anda juga dapat menggunakan wajan dengan penutup untuk mempercepat proses memasak.

Panci
Panci adalah peralatan dapur yang dibutuhkan untuk memasak. Gunakan panci berbahan baja anti karat agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama serta dapat menghantarkan panas secara lebih merata. Agar makanan dapat lebih cepat matang, Anda dapat menggunakan panci dengan penutup. Ada banyak pilihan ukuran panci yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Talenan
Talenan merupakan peralatan dapur yang selalu dipakai ketika memasak. Sebelumnya, talenan hanya dibutuhkan ketika Anda ingin memotong sayuran maupun daging. Kini, talenan yang terbuat dari kayu juga sering kali menjadi wadah untuk menyajikan makanan agar terlihat lebih cantik. Ukuran dan bahan talenan pun bermacam-macam tergantung kebutuhan Anda. Apapun bahan yang digunakan, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan talenan agar makanan yang dibuat pun tetap sehat.

Rak Piring
Tidak ada ruang lagi untuk koleksi piring dan mangkuk Anda? Sisipan rak dapat menjadi solusi ketika Anda merasa luas lemari rak atau kabinet Anda tidak sebanding dengan jumlah piring dan gelas. Dengan meletakkan sisipan rak, Anda dapat memiliki ruang tambahan untuk menyimpan gelas, mangkuk, atau toples serta memaksimalkan penggunaan ruang di dalam kabinet dan lemari rak Anda.

Kompor
Kompor adalah peralatan yang sangat penting dan identik dengan dapur. Saat ini ada dua jenis kompor yang paling populer, kompor gas dan kompor listrik. Fungsi kompor untuk memasak dan menghangatkan makanan.

Itulah tujuh peralatan dapur dan fungsinya. Dapatkan peralatan dapur murah dan fasilitas gratis ongkir hanya di AladinMall . Untuk mendapatkan berbagai promo belanja lainnya, download segera aplikasi AladinMall di Play Store .
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)