Ini Perbedaan Penyakit Liver dan Batu Empedu, Kenali Faktor Penyebabnya!

Kamis, 14 September 2023 - 15:22 WIB
loading...
A A A
Mengutip WebMD, kantung empedu menyimpan dan melepaskan banyak cairan yang dibuat organ hati. Tak hanya itu, empedu juga membawa limbah seperti kolesterol hingga bilirubin yang dihasilkan tubuh saat memecah sel darah merah. Komponen-komponen tersebut yang dapat membentuk batu empedu.

Ada beberapa jenis batu empedu yang bisa diketahui, yakni batu kolesterol dan batu pigmen. Sementara itu, untuk gejala batu empedu sering kali tidak memunculkan tanda.

Namun, beberapa kasus melaporkan adanya gejala yang timbul. Antara lain seperti nyeri perut bagian atas, nyeri bahu kanan atau punggung, sakit perut, dan masalah pencernaan tak biasa.

Penyebab munculnya batu empedu dapat disebabkan sejumlah faktor. Berikut di antaranya:

- Terlalu banyak kolesterol

Sedikit dijelaskan di atas, empedu juga biasa melarutkan kolesterol. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, maka kinerjanya juga tidak optimal. Hasilnya, kolesterol yang tertinggal akan membentuk endapan dan bisa menjadi batu.

- Bilirubin berlebih di empedu

Pada pengidap sirosis atau infeksi lain, organ hati bisa memproduksi bilirubin dalam jumlah banyak. Hal ini terkadang bisa menjadi alasan munculnya batu empedu.

Demikian ulasan mengenai perbedaan penyakit liver dan batu empedu yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)