Ini Perbedaan Penyakit Liver dan Batu Empedu, Kenali Faktor Penyebabnya!

Kamis, 14 September 2023 - 15:22 WIB
loading...
Ini Perbedaan Penyakit Liver dan Batu Empedu, Kenali Faktor Penyebabnya!
Kenali perbedaan antara penyakit liver dan batu empedu. Foto/Active Beat
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah perbedaan antara penyakit liver dan batu empedu . Tak hanya pengertiannya, namun juga mencakup gejala serta faktor penyebabnya.

Dalam tubuh seseorang, liver dan empedu memiliki fungsi yang sangat penting. Liver atau hati membantu proses metabolisme tubuh serta menghasilkan cairan empedu yang nantinya berguna untuk proses pencernaan. Sedangkan empedu sendiri bertugas mengoptimalkan proses pencernaan makanan dalam tubuh.

Terlepas dari statusnya yang sangat penting bagi tubuh, ada beberapa gangguan yang bisa muncul dari keduanya. Kondisi medis ini biasanya mencakup seperti penyakit liver hingga batu empedu.



Lantas, apa saja perbedaan di antaranya kedua penyakit itu?

Perbedaan Penyakit Liver dan Batu Empedu


1. Penyakit Liver


Penyakit liver merupakan sebuah istilah medis yang merujuk pada gangguan pada organ hati. Kondisi ini biasanya menyebabkan organ tersebut tidak bisa berfungsi dengan normal.

Mengutip laman Cleveland Clinic pada Kamis (14/9/2023), seseorang dengan penyakit liver cukup banyak ditemui. Sekitar 5,5 juta orang di Amerika Serikat bahkan tercatat mengalami penyakit hati kronis atau biasa dikenal sirosis.



Terkait penyebabnya sendiri, ada berbagai faktor yang mengakibatkan munculnya penyakit liver. Berikut beberapa di antaranya:

- Infeksi virus
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)