4 Khasiat Daun Sirih untuk Wanita yang Berkaitan dengan Organ Intim

Jum'at, 15 September 2023 - 06:30 WIB
loading...
4 Khasiat Daun Sirih untuk Wanita yang Berkaitan dengan Organ Intim
Khasiat daun sirih untuk wanita sudah sering dimanfaatkan, terutama demi menjaga kesehatan organ intim. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Khasiat daun sirih untuk wanita sudah sering dimanfaatkan, terutama demi menjaga kesehatan organ intim.

Ya, daun sirih memang dipercaya secara turun-menurun sebagai bahan alami yang mampu menjaga kebersihan daerah kewanitaan karena mengandung antiseptik alami yang berasal dari zat turunan Fenol.

Perlindungan antiseptik alami ini sangat dibutuhkan, karena Indonesia mempunyai iklim tropis yang lembab sehingga mempengaruhi daerah kewanitaan, yang bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur meningkat dengan cepat. Nah, daun sirih memiliki kemampuan untuk membunuh jamur dan bakteri itu tadi.



Daun sirih yang berdaun hijau mengkilap dengan bentuk seperti hati, banyak ditemukan di Indonesia. Daun ini dapat diambil khasiatnya dengan cara dikonsumsi langsung ataupun direbus bersama air.

Lantas, apa saja sih khasiat daun sirih untuk wanita? Melansir laman Alodokter, Jumat (15/9/2023), berikut ulasannya.

Khasiat Daun Sirih untuk Wanita

1. Mengatasi Keputihan

Keputihan sejatinya adalah hal normal yang terjadi pada wanita. Bahkan keputihan adalah cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembaban area kewanitaan.

Namun, keputihan bisa menjadi tidak normal bila disertai dengan bau tidak sedap, gatal, atau nyeri di area kewanitaan. Nah, untuk mengatasi hal ini, daun sirih bisa dimanfaatkan.

Caranya, basuh vagina dengan air rebusan daun sirih. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa daun sirih efektif dalam membasmi Candida albicans yang menjadi penyebab infeksi jamur vagina.

2. Mengatasi Gatal di Organ Intim

Gatal di area organ intim disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau jamur. Untuk mengatasinya, bisa digunakan air rebusan daun sirih guna membasuh area luar organ kewanitaan. Rebusan daun sirih bersifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu membunuh kuman penyebab gatal di organ intim.


3. Hilangkan Bau Tak Sedap pada Vagina

Pada vagina terdapat bakteri baik yang berperan penting dalam menjaga tingkat keasaman (pH) area tersebut. Namun, pada kondisi tertentu, jumlah bakteri baik bisa berkurang dan bakteri jahat mendominasi vagina.

Kondisi ini akan menyebabkan infeksi. Vagina berbau amis merupakan salah satu gejala yang muncul akibat bakteri jahat mendominasi. Nah, air rebusan daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Basuh air rebusan itu pada bagian luar organ kewanitaan agar pH vagina tidak terganggu.

4. Sembuhkan Robekan Akibat Persalinan Normal

Robekan perineum yang terjadi pascapersalinan normal adalah robeknya area di antara vagina dan anus. Kondisi ini terjadi akibat peregangan atau tekanan yang kuat di jalan lahir saat ibu hamil mengejan untuk melahirkan bayi.

Penelitian menunjukkan bahwa membasuh area luka perineum menggunakan air rebusan daun sirih dapat mempercepat penyembuhan luka tersebut. Manfaat ini akan efektif jika dilakukan selama 7 hari berturut-turut.

Khasiat daun sirih untuk penyembuhan luka diduga berasal dari kandungan saponin di dalamnya yang dapat merangsang pembentukan kolagen, sehingga mempercepat proses penyembuhan luka.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)