10 Manfaat Teh Kelor yang Menakjubkan, Melawan Kanker hingga Menurunkan Gula Darah

Minggu, 17 September 2023 - 06:00 WIB
loading...
10 Manfaat Teh Kelor yang Menakjubkan, Melawan Kanker hingga Menurunkan Gula Darah
Jangan menganggap teh kelor sebagai infus herbal sederhana. Ada banyak sekali keuntungannya, dari mencerahkan kulit hingga memperkuat kekebalan tubuh. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Manfaat teh kelor menjadi alternatif bagi kesehatan dan vitalitas yang menyegarkan tubuh dan pikiran.

Jangan menganggap teh kelor sebagai infus herbal sederhana. Ada banyak sekali keuntungannya, dari mencerahkan kulit hingga memperkuat kekebalan tubuh.

Warna-warna alami, rasa manis yang halus dan aroma, semuanya berpadu dalam cangkir untuk meningkatkan indra.



Sebagai minuman bebas kafein, Anda bisa meminumnya tiga kali sehari jika mau, baik pagi, siang atau malam. Jadi, bersiaplah untuk takjub dengan manfaat teh kelor.

Apa Itu Teh Kelor?

Dikutip pinkvilla pada Sabtu (16/9/2023), teh kelor merupakan obat mujarab yang berasal dari daun tanaman moringa oleifera.

Kelor memiliki nilai gizi yang tinggi, daun dan biji pohon ini kaya akan protein, vitamin, mineral dan flavonoid.

Nilai gizi daun kelor sungguh mengesankan. Hanya satu cangkir daun segar cincang dapat memberi Anda protein dalam dosis yang sehat, vitamin penting seperti vitamin B6, dan vitamin C, dan beberapa nutrisi penting lainnya seperti zat besi dan riboflavin.

Bagaimana Cara Membuat Teh Kelor?

Membuat teh kelor itu sederhana dan tidak merepotkan. Paling umum, daun pohon kelor digunakan, tetapi bunga dan bijinya juga bisa menjadi pilihan. Jangan khawatir tentang kafein; semua bagian pohon secara alami bebas kafein.

Inilah yang Anda perlukan:
Daun teh kelor kering dan mata air yang baru direbus.
Ambil satu sendok teh teh daun lepas untuk satu cangkir air.
Sekarang, Anda harus merendam daunnya dalam air panas selama kurang lebih lima menit.
Saring dan nikmatilah.
Jangan ragu untuk menambahkan pemanis sesuai selera Anda.

Tips profesional: Anda dapat mencoba mencampurkan beberapa daun teh hijau dengan daun kelor untuk menghasilkan campuran yang merangsang dan memberi energi pada hari Anda.

Manfaat Teh Kelor

1. Meningkatkan Imunitas

Sifat antioksidan kuat dari teh kelor . Dengan 46 antioksidan berbeda yang mengejutkan, teh ini merupakan pembangkit tenaga listrik untuk sistem kekebalan Anda dan juga dapat menjaga sel Anda bebas dari stres oksidatif.

2. Menyediakan Banyak Nutrisi

Kelor lebih dari sekedar the, juga merupakan sumber makanan bergizi tinggi. Dengan kepadatan nutrisinya yang luar biasa, tidak heran mengapa pohon ini sering disebut sebagai "Pohon Ajaib".

Daun ini merupakan tambang emas nutrisi yang dapat dipanen beberapa kali dalam setahun, menjadikannya sumber nutrisi yang dapat diandalkan di seluruh dunia.

10 Manfaat Teh Kelor yang Menakjubkan, Melawan Kanker hingga Menurunkan Gula Darah

3. Mencegah Infeksi

Beralih ke kualitas antimikroba, teh kelor menunjukkan aktivitas antibakteri yang signifikan. Ia melawan berbagai bakteri termasuk bakteri berbahaya seperti Escherichia coli dan Staphylococcus epidermidis. Selain itu, ia juga menawarkan manfaat antijamur dan antivirus.

4. Mencegah Radang

Ucapkan selamat tinggal pada peradangan kronis dengan teh kelor. Ini mempunyai potensi dalam pencegahan berbagai penyakit inflamasi. Sifat anti-inflamasi membantu tubuh merespons cedera dan infeksi secara efektif.

5. Menurunkan Gula Darah

Bagi mereka yang bergulat dengan diabetes, teh kelor bisa menjadi solusi. Daunnya membantu meningkatkan aktivitas insulin, menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan penyerapan glukosa. Selain itu, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan jantung.

6. Membantu Fungsi Hati dan Ginjal

Kelor bisa menjaga hati dan ginjal Anda lebih baik. Hal ini berperan dalam mengurangi kerusakan pada organ-organ ini, terutama ketika mereka dipengaruhi oleh obat-obatan. Tindakan perlindungan ini terutama berasal dari daun dan bunga tanaman.

7. Dapat Bertindak sebagai Perisai Melawan Kanker

Teh kelor menjanjikan dalam bidang pencegahan kanker. Telah dipelajari pengaruhnya terhadap berbagai jenis kanker, termasuk kanker hati, pankreas dan payudara.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata

Penelitian menunjukkan, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan dan daun serta polong kelor dapat mencegah masalah mata. Daun paha membantu asupan vitamin A dan menunda katarak. Moringa oleifera juga menunjukkan potensi untuk melindungi mata dari kerusakan terkait diabetes.


9. Meningkatkan Penurunan Berat Badan

Daun kelor mengandung asam klorogenat yang membantu menurunkan berat badan. Jadi, bagi mereka yang menderita obesitas dan mencari cara efektif untuk mengatur penurunan berat badan, kelor bisa bermanfaat.

10. Membantu Mengelola Hipertensi

Daun kelor berpotensi menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Dengan demikian, daun kelor dapat berfungsi sebagai pendekatan alami untuk pengelolaan tekanan darah dan dapat dianggap sebagai terapi alternatif.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)