Ini Gejala dan Penyebab Kanker Ginjal Seperti yang Diidap Vidi Aldiano

Rabu, 20 September 2023 - 14:37 WIB
loading...
Ini Gejala dan Penyebab Kanker Ginjal Seperti yang Diidap Vidi Aldiano
Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal yang membuatnya menjalani operasi. Terbaru, Vidi mengabarkan kanker yang diidapnya telah menyebar ke organ tubuh lainnya. Foto/Instagram Vidi Aldiano
A A A
JAKARTA - Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal yang membuatnya harus menjalani operasi di Singapura beberapa waktu lalu. Terbaru, Vidi mengabarkan bahwa kanker yang diidapnya telah menyebar ke organ tubuh lainnya.

Kabar mengejutkan ini dibagikan Vidi melalui unggahan di Instagram pribadinya. Pelantun Nuansa Bening itu mengatakan bahwa kanker ginjal yang diidapnya sudah menyebar ke beberapa titik di tubuhnya sejak tahun lalu.

"Mungkin banyak yang belum tahu bahwa tahun lalu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik, sehingga mengharuskan gue akhirnya punya appointment spa day ini tiap 3 minggu," tulis Vidi dikutip Rabu (20/9/2023).

Dilansir dari Mayo Clinic, kanker ginjal adalah kanker yang dimulai di ginjal. Pada orang dewasa, karsinoma sel ginjal merupakan jenis kanker ginjal yang paling umum terjadi.





Gejala Kanker Ginjal


Jenis kanker ginjal lain yang kurang umum juga dapat terjadi. Anak kecil lebih mungkin terserang sejenis kanker ginjal yang disebut tumor wilms.

Kanker ginjal biasanya tidak menunjukkan tanda atau gejala pada tahap awal. Seiring berjalannya waktu, tanda dan gejala penyakit ini dapat berkembang. Berikut gejala kanker ginjal.

1. Darah dalam urine, yang mungkin tampak berwarna merah muda, merah
2. Nyeri di punggung atau samping yang tidak kunjung hilang
3. Kehilangan selera makan
4. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
5. Kelelahan
6. Demam

Tidak jelas apa penyebab sebagian besar kanker ginjal. Dokter mengetahui bahwa kanker ginjal dimulai ketika beberapa sel ginjal mengalami perubahan (mutasi) pada DNA mereka. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)