Ingin Bekerja Sesuai Passion, Pria Ini Banting Setir dari Karyawan Kantoran Jadi Fotografer

Kamis, 21 September 2023 - 19:19 WIB
loading...
Ingin Bekerja Sesuai Passion, Pria Ini Banting Setir dari Karyawan Kantoran Jadi Fotografer
Fotografer Robby Antony dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Switch Career Semakin Menjamur, Dilematis Atau Realistis? di kanal YouTube Partai Perindo, Kamis (21/9/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Terkadang seorang karyawan merasa jenuh dengan pekerjaan yang begitu-begitu saja. Tak heran bila banyak yang kemudian berkeinginan untuk berganti posisi kerja atau yang disebut dengan switch carrier.

Namun, career switch bukan hanya berganti pada posisi pekerjaan saja, tetapi juga berpindah secara posisi pekerjaan dan jenjang karier. Hal itu juga dialami oleh fotografer bernama Robby Antony yang dulu bekerja sebagai pegawai kantoran.

Robby mengatakan, sebelum menjadi fotografer, dia bekerja sebagai sales dan marketing. Dia mengalami beberapa kali pindah kerja hingga memutuskan untuk resign.

"Pas pindah juga ngerasa dilema kayak senang sama orangnya, senang sama dunia kerjanya tapi kok merasa kurang. Sempat stres juga, karena udah pindah ke beberapa perusahaan ngerasanya sama aja," ujar Robby Antony dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Switch Career Semakin Menjamur, Dilematis Atau Realistis? di kanal YouTube Partai Perindo, Kamis (21/9/2023).

Robby mengaku, berpindah karier dari pegawai kantoran menjadi fotografer bukan hal yang disengaja. Awalnya dia suka posting foto di Instagram. Tak disangka fotonya mendapat komentar dari salah satu fotografer terbaik di dunia.

"Saya sempat ketemu sama orang itu, terus dia bilang, intinya kalau punya uang beli kamera dan harus diseriusin kemampuan fotonya," kata Robby.

Ternyata tak hanya satu, beberapa orang juga mengakui kemampuan Robby dalam mengambil gambar. Akhirnya dia mulai membeli kamera dan belajar foto. Sejak saat itulah Robby berkecimpung di dunia fotografi.

"Saya sempat diminta foto sama instansi kepolisian, dari situ mulai banyak tawaran foto. Dari situlah awalnya dan sampai saat ini," jelasnya.

Setiap pekerjaan tentu ada plus dan minus yang dirasakan, begitu juga dengan Robby. Menurut Robby, nilai plus dari pekerjaannya yang sekarang adalah, dia memiliki waktu yang lebih fleksibel. Namun, untuk urusan penghasilan tentu berbeda dari sebelumnya.

"Saat kerja kantoran penghasilan tetap per bulan. Kalau freelance nggak terikat perusahaan jadi harus belajar manajemen finansial," ujarnya.

Meski demikian Robby merasa bekerja sesuai passion merupakan hal yang sangat menyenangkan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)