AMI Awards Umumkan Daftar Nominasi, Koplo Masuk Jadi Kategori Baru Representasi Budaya Indonesia

Kamis, 21 September 2023 - 20:20 WIB
loading...
AMI Awards Umumkan Daftar Nominasi, Koplo Masuk Jadi Kategori Baru Representasi Budaya Indonesia
Konferensi pers AMI Awards 2023 di Jakarta, Kamis (21/9/2023). Foto/MPI/Nurul Amanah
A A A
JAKARTA - Ajang apresiasi insan musik Indonesia AMI Awards akan kembali digelar. Memasuki tahun ke-26, AMI Awards tahun ini bakal menyuguhkan konsep berbeda.

Jika biasanya disiarkan di stasiun televisi, kali ini AMI Awards akan diadakan secara langsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada 8 November 2023. Selain itu, AMI Awards 2023 juga menambahkan enam kategori baru. Yakni Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Koplo Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Melayu Terbaik, Karya Orkestra Terbaik, Album Film Scoring Terbaik, Album Musikal Terbaik, dan Album Alternatif Terbaik.

Koplo menjadi genre musik baru yang akhirnya mendapat tempat di AMI Awards 2023. Pasalnya, musik koplo saat ini begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia hingga banyak lagu genre lain yang turut diubah aransemennya menjadi musik koplo.



Musisi koplo pun begitu dikenal dan memiliki banyak penggemar. Setiap kali mereka manggung, penonton ikut bergoyang bersama dan bernyanyi tanpa dikomando. Seperti saat Denny Caknan dan Ndarboy Genk menyapa para penggemar di atas panggung.

Melihat fenomena ini, anggota tim kategorisasi dan nominasi AMI Awards 2023 Adibal Sahrul merasa bahwa ajang penghargaan tersebut harus memberikan ruang bagi musik koplo untuk mendapat apresiasi sekaligus perhatian lebih.

"Mungkin yang baru adalah koplo. Jadi di awal-awal munculnya ini adalah dangdut yang hits dan divariasi. Dalam perkembangannya mungkin hanya lagu-lagu dangdut yang dikoplokan. Tapi semua lagu hits dikoplokan dan koplo naik banget. Untuk memacu akreditas, tim kategorisasi memberikan space besar untuk koplo," beber Adibal Syahrul dalam konferensi pers AMI Awards 2023 di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/9/2023).

Selama penyelenggaraan AMI Awards, musik dangdut dan melayu menjadi salah satu genre yang turut masuk ke dalam nominasi. Kini, jenis genre semakin berkembang hingga akhirnya koplo mendapat ruang dalam ajang apresiasi ini.



Meski sepintas dinilai memiliki kesamaan, dangdut dan koplo jelas berbeda. Adibal menilai bahwa koplo menjadi genre asli Indonesia, representasi dari budaya Indonesia sehingga harus terus dikembangkan.

"Kalau dangdut itu kan genrenya terinspirasi dari musik India, latin. Tapi, koplo sekarang itu musik asli Indonesia. Saya rasa akan sangat kompetitif begitu AMI Awards memberikan space untuk koplo," katanya.

Tercatat sebanyak 4.858 lagu telah terdaftar untuk ikut serta dalam AMI Awards 2023, baik produksi single maupun album yang dirilis secara komersial pada periode 1 Juli 2022 hingga 30 Juni 2023. Jumlah lagu tersebut berasal dari berbagai macam genre musik yang melibatkan musisi senior maupun pendatang baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)