4 Cara Turunkan Berat Badan ala Orang Jepang, Gampang Banget

Jum'at, 22 September 2023 - 08:34 WIB
loading...
4 Cara Turunkan Berat Badan ala Orang Jepang, Gampang Banget
Setiap orang ingin memiliki berat badan idal. Selain untuk menunjang penampilan, berat badan ideal juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Foto Ilustrasti/Unsplash
A A A
JAKARTA - Setiap orang ingin memiliki berat badan idal. Selain untuk menunjang penampilan, berat badan ideal juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagaimana diketahui, akan ada banyak masalah kesehatan yang didapat oleh tubuh jika memiliki berat badan berlebihan.

Untuk itu, diet sangat penting bagi orang yang memiliki berat badan berlebih. Ada banyak cara diet yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mempraktikkan diet ala orang Jepang. Cara diet mereka sangat mudah untuk dilakukan. Seperti apa?

Berikut empat cara menurunkan berat badan ala orang Jepang, dikutip dari laman Pinkvilla, Jumat (22/9/2023).

1. Konsumsi 1 Porsi Sayuran Terlebih Dulu

Budaya makan orang Jepang berfokus pada konsumsi sayuran terlebih dahulu sebelum menikmati makanan lain. Memiliki porsi sayuran yang baik sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang. Karena itu, porsi makanan selanjutnya bisa dikendalikan.

Selain itu, sesuai dengan orang Jepang, mengonsumsi sayuran saat perut kosong menghemat lonjakan kadar gula dalam tubuh dan insulin agar tidak dilepaskan secara massal. Dengan demikian, membantu menurunkan berat badan.

2. Kunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah makanan dengan benar membawa perasaan kenyang dan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, cara ini juga memudahkan proses pencernaan.

Di sisi lain, jika Anda tidak mengunyah makanan dengan benar, itu akan membuat pencernaan makanan menjadi sulit karena air liur tak akan dapat memecah makanan dengan benar. Untuk itu, pastikan Anda mengunyah setiap gigitan 30 kali.

3. Mandi Air Panas

Mandi air panas membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, meningkatkan pencernaan, serta membantu detoksifikasi pori-pori yang selanjutnya membantu penurunan berat badan.

Di Jepang, orang-orang bersantai di pemandian setengah tubuh selama 20-30 menit di mana mereka mengisi bak mandi menjadi dua sehingga ketinggian air berada di bawah area jantung. Pemandian air panas juga memberi kita relaksasi yang mendorong tidur lebih baik. Ketika mendapatkan tidur yang berkualitas maka berpengaruh juga dalam mengelola berat badan.

4. Jangan Minum Air atau Minuman Apa pun saat Makan

Makan dengan air dapat membahayakan atau mengganggu sistem pencernaan Anda. Sebab, air mengimbangi Ph asam lambung yang membuatnya sangat sulit bagi tubuh untuk memecah makanan.

Di Jepang, orang biasanya tidak menambahkan air atau minuman apa pun ke dalam makanan mereka dan bahkan jika mereka melakukannya, mereka menambahkan sup panas yang lezat.

Selain itu, ketika selesai makan pastikan Anda mengonsumsi minuman penghidrasi yang sehat dan menghindari teh atau kopi yang kaya kafein.

Trik penurunan berat badan ala Jepang sebagian besar tentang mempersiapkan tubuh Anda dengan benar untuk meningkatkan metabolisme sehingga proses penurunan berat badan dapat ditingkatkan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)