7 Bahaya Tidur di Lantai, dari Pegal Linu hingga Penyakit Paru

Jum'at, 22 September 2023 - 23:39 WIB
loading...
7 Bahaya Tidur di Lantai, dari Pegal Linu hingga Penyakit Paru
Tidur di lantai memberi sensasi dingin yang membuat tubuh terasa segar, juga meningkatkan sirkulasi darah. Namun, harus diwaspadai juga bahayanya. Foto/ Pinkvilla.
A A A
JAKARTA – Tidur di lantai memang memiliki manfaat, tetapi ada juga beberapa bahaya yang perlu diwaspadai.

Tidur di lantai memberi sensasi dingin yang mungkin membuat tubuh lebih terasa segar. Tidur di lantai juga bisa meningkatkan sirkulasi darah hingga meningkatkan flexibilitas tubuh.

Namun, tidur di lantai juga memiliki beberapa manfaat buruk untuk tubuh. Merangkum dari Pinkvilla, Jumat (22/9/2023), berikut beberapa bahaya tidur di lantai yang harus kamu waspadai.


Bahaya Tidur di Lantai

1. Perburuk Kesehatan Mental

Lantai memberikan sedikit bantalan untuk tubuh yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama tidur. Ketika kita tidur dalam keadaan yang nyaman, maka kualitas tidur kita ikut memburuk. Dengan demikian, bisa jadi kita bangun dalam keadaan lelah serta memperburuk kondisi kesehatan mental.

2. Menimbulkan masalah persendian

Tidur di tanah dapat memberikan lebih banyak tekanan pada sendi seperti pinggul, bahu, dan lutut. Hal ini berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan atau memperburuk masalah sendi yang ada.

7 Bahaya Tidur di Lantai, dari Pegal Linu hingga Penyakit Paru

3. Inhalasi terbatas

Lantai bisa lebih dingin daripada permukaan yang ditinggikan, terutama ketika musim dingin telah tiba. Keadaan ini memang membuat tubuh terasa lebih nyaman. Namun hal tersebut membuat inhalasi jadi terbatas.

Inhalasi merupakan proses menghirup udara dari hidung dan masuk ke dalam paru-paru. Nantinya oksigen yang masuk ke paru-paru akan disalurkan ke seluruh bagian tubuh. Dengan demikian inhalasi sangat penting untuk tubuh. Ketika inhalasi terganggu, maka akan menyebabkan bahasa pada tubuh karena tubuh jadi kekurangan oksigen.

4. Alira Udara terbatas

Tidur langsung di lantai juga dapat membatasi sirkulasi udara di sekitar tubuh. Keadaan ini berpotensi menyebabkan keringat berlebih atau ketidaknyamanan selama cuaca panas.

5. Berpotensi meningkatkan sakit punggung

Beberapa orang mungkin akan merasakan sakit punggung ketika harus tidur di lantai. Hal ini terjadi karena adanya ketidaksejajaran tulang belakang. Keadaan Ini sering terjadi pada orang yang lebih suka kasur empuk.

6. Paparan alergi

Lantai tentu akan lebih banyak kuman dan bakteri. Dengan begitu, maka tidak menutup kemungkinan jika tidur di lantai dapat menimbulkan reaksi alergi. Selain itu, hal ini juga menyebabkan pilek yang membuatmu tidak nyaman menjalankan aktivitas sehari-hari.


7. Menyebabkan cedera

Tidur di lantai tentu bisa menyebabkan tubuh kita cedera. Tanpa kita sadari mungkin bagian badan kita tiba-tiba terbentur saat kita tidur. Tentu hal ini nantinya akan membuat tubuh terasa sakit. Selain itu, postur tubuh memburuk.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)