4 Manfaat Air Tajin untuk Maag, Salah Satunya Bisa Atasi GERD

Minggu, 24 September 2023 - 13:09 WIB
loading...
4 Manfaat Air Tajin untuk Maag, Salah Satunya Bisa Atasi GERD
Air tajin ternyata bisa membantu mengatasi masalah kesehatan yang terjadi pada maag atau lambung. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Air tajin ternyata bisa membantu mengatasi masalah kesehatan yang terjadi pada maag atau lambung. Hal itu dimungkinkan karena cairan berwarna putih tersebut mengandung cukup banyak nutrisi.

Air tajin secara tradisional kerap digunakan oleh ibu zaman dulu sebagai alternatif susu buat bayi mereka. Meski memiliki zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, nutrisi air tajin jelas jauh lebih rendah dibandingkan ASI.



Air tajin merupakan cairan putih yang diambil dari beras yang dimasak mendidih. Jadi bukan air sisa cucian beras ya! Cairan ini boleh diminum ketika sudah hangat. Tambahkan garam sedikit bila Anda ingin air itu ada rasanya.

Air tajin didapatkan dengan cara merebus beras dengan api kecil, lalu ketika beras sudah setengah matang, ambil cairan putih kental yang ada di atasnya.

Melansir laman Halodoc, Minggu (24/9/2023), air tajin mengandung mineral serta probiotik yang penting untuk kesehatan usus dan kesehatan sistem pencernaan. Zat dalam cairan ini bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di perut serta menyeimbangkan tingkat elektrolit di dalam tubuh.

Sistem pencernaan manusia itu termasuk maag atau lambung. Itu berarti, air tajin pun bisa diambil manfaatnya untuk kesehatan lambung.



Berikut manfaat air tajin untuk maag atau lambung.

1. Membantu mengatasi penyakit asam lambung atau dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD).

2. Menetralisir konsentrasi asam lambung di dalam tubuh.

3. Mengembalikan keseimbangan asam lambung.

4. Mengurangi sensasi terbakar pada dada akibat asam lambung naik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)