4 Manfaat Kencur, Riders Wajib Yura Yunita yang Jadi Viral

Senin, 25 September 2023 - 14:33 WIB
loading...
4 Manfaat Kencur, Riders Wajib Yura Yunita yang Jadi Viral
Kencur tidak hanya dijadikan bahan masakan saja, juga mempunyai segudang manfaat. Bahkan, Yura Yunita menjadikan kencur sebagai riders sebelum manggung. Foto/ indoindians.
A A A
JAKARTA - Kencur tidak hanya dijadikan bahan masakan saja, juga mempunyai segudang manfaat. Bahkan, penyanyi Yura Yunita menjadikan kencur sebagai riders sebelum manggung. Alasannya dapat melegakan tenggorokan sebelum menyapa penggemarnya di atas panggung.

“Ini cikur alias kencur itu adalah makanan wajib aku sebelum nyanyi,” tulis Yura Yunita di Instagram, dikutip pada Senin (25/9/2023).



Yura Yunita menjelaskan bagaimana cara mengonsumsi kencur . Ternyata, penyanyi bersuara merdu ini langsung menggigit kencur tanpa dimasak.

“Nah abis itu sama aku didiemin dulu, diresapi supaya sari-sarinya itu langsung masuk ke tenggorokan. Tapi aku taruh dulu di gigi aku lalu diemut dikunyah baru ditelen,” tulis Yura Yunita.

“Abis itu tenggorakannya jadi lega banget untuk ambil nafas juga rasanya rongganya jadi lebih besar gitu rasanya,” tulis dia lagi.

Video ini kemudian viral dan ditanggapi seorang dokter bernama Muhammad Fajri Adda’i. Dia menjelaskan bahwa kencur bukan obat, melainkan pendamping makanan kesehatan.

Fajri juga menjelaskan manfaat kencur dapat meningkatkan nafsu makan, mengurangi peradangan, mengatasi sakit perut, antikanker dan antibakteri.

Manfaat Kencur

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Selain dimakan mentah, kencur juga dapat dijadikan olahan jamu seperti jamu beras kencu. Umumnya dikonsumsi oleh anak-anak di Indonesia. Kencur dapat meningkatkan nafsu makan karena mengandung karminatif.

2. Mengatasi Sakit Perut

Kencur dapat digunakan untuk menangani berbagai masalah perut lainnya seperti nyeri perut, sulit buang air besar, maag, dan gangguan pencernaan. Kencur juga dapat menjadi tonik untuk sistem pencernaan dan membantu menenangkan perut.

3. Antikanker

Sejumlah riset membuktikan bahwa kencur dapat menekan pertumbuhan tumor. Sebagai contohnya adalah dapat menghambat proliferasi sel MCF-7 kanker payudara manusia. Tak hanya itu, kencur juga memiliki antikanker, seperti kanker pankreas, kanker usus besar, hepatoma, melatoma, dan masih banyak lagi.


4. Antibakteri

Ahli medis konvensional menggunakan kencur untuk mengobati kondisi peradangan seperti sakit tenggorokan dan sariawan. Kencur dinilai lebih efektif daripada aspirin dalam beberapa penelitian.

Meski mempunyai banyak manfaat, dr. Fajri menjelaskan bahwa kencur tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Apalagi jika sudah muncul tanda-tanda, seperti sakit perut, mual, muntah, diare, ruam kemerahan dan segala macamnya, maka harus dihentikan.

MG/Stevhani Tobing
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)