5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan, dari Mencegah Penuaan Dini hingga Kanker

Senin, 25 September 2023 - 10:03 WIB
loading...
5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan, dari Mencegah Penuaan Dini hingga Kanker
Kimchi menjadi makanan yang sudah tidak asing di Indonesia. Salad sayur khas Korea ini miliki segudang manfaat kesehatan. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA – Kimchi menjadi makanan yang sudah tidak asing di Indonesia, apalagi bagi para pencinta drama Korea dan Kpop. Salad sayur khas Korea ini memiliki cita rasa asam dan pedas.

Kimchi sering kali disantap dengan nasi, mi instan, campuran nasi goreng dan masih banyak lagi.

Di balik cita rasa yang lezat, ternyata kimchi memiliki banyak manfaat untuk tubuh, dari turunkan berat badan hingga cegah kanker. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kimchi sebagai makanan sehari-hari.



Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat kimchi untuk tubuh, perhatikan rangkuman informasi Pinkvilla, Senin (25/9/2023) berikut ini.

Manfaat Kimchi

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kimchi merupakan salad fermentasi lacto yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh dengan melawan berbagai infeksi, alergi dan penyakit.

Sebuah studi tabung reaksi menyebutkan bahwa planetarium Lactobacillus, strain bakteri sehat, mungkin memiliki tindakan peningkatan kekebalan untuk kesehatan secara keseluruhan.

2. Mencegah penuaan dini

Senyawa aktif dalam kimchi juga dapat memperpanjang umur sel kulit dan dapat memperlambat laju penuaan kulit. Sebuah studi tabung reaksi menunjukkan bahwa sel-sel kulit manusia yang diobati dengan kimchi menunjukkan peningkatan viabilitas dan umur yang lebih lama. Dengan ini, nutrisi sehat dalam salad kimchi fermentasi diklaim benar-benar dapat membantu memperlambat laju penuaan kulit.

5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan, dari Mencegah Penuaan Dini hingga Kanker

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Salad kimchi yang lezat, renyah, dan pedas dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Peneliti klinis menyimpulkan peradangan adalah penyebab potensial dari beberapa penyakit jantung. Senyawa anti-inflamasi seperti yang ditemukan dalam salad Kimchi diketahui mengurangi peradangan dalam tubuh, pada akhirnya mengurangi risiko penyakit jantung.

Sesuai studi selama seminggu pada 100 orang, ditemukan bahwa orang yang makan 50-210 gram salad kimchi setiap hari mengalami penurunan yang signifikan dalam glukosa darah, kolesterol total, dan kolesterol densitas rendah. Ketiga hal tersebut adalah komponen yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

4. Membantu meringankan peradangan

Salad kimchi difermentasi dan menjadi sumber probiotik alami yang baik. Senyawa aktif dan probiotik dalam salad kimchi ini dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh dan menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan sindrom metabolik.


5. Menurunkan risiko kanker

Berbagai sayuran dalam salad Kimchi membuat sumber antioksidan yang rajin melawan radikal bebas dan stres oksidatif dalam tubuh. Hal ini dapat mengurangi risiko kanker. Bakteri asam laktat dalam salad kimchi diyakini dapat meningkatkan aktivitas anti-tumor dalam tubuh dan menurunkan risiko kanker kandung kemih.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)