Antisipasi Krisis Air di Sejumlah Wilayah Indonesia, Masyarakat Diajak Ikut Menanggulangi

Senin, 25 September 2023 - 14:15 WIB
loading...
Antisipasi Krisis Air di Sejumlah Wilayah Indonesia, Masyarakat Diajak Ikut Menanggulangi
Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah. Namun, ternyata krisis air masih menghantui beberapa wilayah, seperti daerah timur. Foto/istimewa.
A A A
JAKARTA - Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah. Namun, ternyata krisis air masih menghantui beberapa wilayah, seperti daerah timur. Namun, hal ini justru tidak banyak diketahui masyarakat, khususnya warga perkotaan.

Sadar atau tidak, banyak dari kita yang masih menyepelekan ketersediaan air di sekitar kita. Banyak yang masih cenderung cuek karena merasa masih tidak kekurangan kebutuhan air. Padahal, terdapat beberapa gaya hidup alias kebiasaan membuang-buang air yang secara tidak langsung mempengaruhi ketersediaan air.

Country Director Water Mission Indonesia, Surya Sentosa Surbakti mengungkapkan, bahkan banyak manusia yang memiliki perilaku yang tidak baik terhadap air bersih yang merupakan anugerah dari Tuhan Sang Maha Pemberi.

Padahal, air bersih jumlahnya terbatas dan butuh waktu dan sebuah proses yang rumit untuk membuat air yang tidak layak minum untuk bisa diminum oleh manusia.

Menurutnya, ketika air melimpah, maka kebiasaan buruk masyarakat yang tidak mau berhemat air muncul. Lalu, ketika air besih sulit didapat, orang pun mulai sadar akan kebiasaan buruknya. Namun, kebiasaan lama pun kumat lagi ketika air bersih mudah didapat kembali.

Karena itu, menurutnya, kegiatan edukasi terkait ini pun dirasa penting. Salah satunya melalui acara GF Walk for Water 2023 yang baru-baru ini digelar di CFD Sarinah, Jakarta.

Acara ini adalah kegiatan tahunan antara Georg Fischer dengan Water Mission Indonesia untuk mendanai proyek air bersih dan sanitasi bermartabat di negara berkembang dan daerah yang terkena dampak bencana alam.

“Ini satu hal yang positif ya, karena kalau acara world for water ini kan kita juga melakukannya. Karena tujuannya sih seperti menggalang dana ya. Dengan kita melakukan ini kita coba pengen menunjukkan gimana sih masih banyak teman-teman lain yang tidak semudah kita untuk mengakses air,” ujar Surya, saat diwawancara di Sarinah, Jakarta, Minggu, (24/9/2023).

Surya melanjutkan, pendidikan akan manfaat dan asal usul air juga masih banyak tidak diajarkan di lingkungan keluarga. Padahal, ia menilai, para orangtua harus mulai mengingatkan anak-anaknya akan arti penting air.

Hal ini penting mengingat air itu adalah sumber kehidupan dan merupakan rahmat Tuhan yang tidak bisa diproduksi oleh manusia dengan teknologi apapun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)