4 Tanda Kolesterol Tinggi di Wajah yang Tidak Boleh Diabaikan

Selasa, 26 September 2023 - 12:57 WIB
loading...
4 Tanda Kolesterol Tinggi di Wajah yang Tidak Boleh Diabaikan
Ada beberapa tanda kolesterol tinggi di wajah yang tidak boleh diabaikan. Sebab, kolesterol faktor risiko utama penyakit kardiovaskular dan kematian dini. Foto/India.com
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tanda kolesterol tinggi di wajah yang tidak boleh diabaikan. Sebab, kolesterol merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

Pada sebagian besar penduduk, kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala. Namun banyak yang memiliki tanda-tanda tidak kentara terutama di wajah yang menandakan kolesterol tinggi.

Berikut tanda kolesterol tinggi di wajah yang tidak boleh diabaikan dilansir dari Times of India, Selasa (26/9/2023).

Tanda Kolesterol Tinggi di Wajah yang Tidak Boleh Diabaikan





1. Xanthelasma


Xanthelasma merupakan bercak atau benjolan berwarna oranye kekuningan di kulit kelopak mata atas atau bawah atau di sudut mata. Biasanya kondisi ini lembut hingga kuat saat disentuh dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Benjolan ini bisa muncul di dahi, wajah dan pipi sehingga disebut xanthoma erupsi.

2. Corneal Arcus


Mata memiliki kornea yang sangat transparan. Sementara jika ada garis putih tipis di sekitar kornea, kondisi ini disebut dengan corneal arcus yang menunjukkan hiperkolesterolemia.

4 Tanda Kolesterol Tinggi di Wajah yang Tidak Boleh Diabaikan

Foto/Infografis SINDOnews



3. Lichen Planus


Ini adalah kondisi ketika ada ruam gatal di kulit wajah atau di dalam mulut. Biasanya lichem planus berwarna ungu atau merah dan berhubungan dengan kadar kolesterol tinggi.

4. Psoriasis


Psoriasis di dalamnya terdapat bercak tebal dan bersisik di kulit. Pada kulit yang lebih terang, muncul bercak merah muda atau merah, dan pada kulit yang lebih gelap, muncul bercak ungu. Psoriasis suatu kondisi yang dimediasi oleh kekebalan tubuh di mana terjadi flaring dan remisi pada bercak kulit.

Penting sekali untuk mewaspadai tanda dan gejala kolesterol tinggi pada wajah. Jika Anda menemukan gejalanya, pastikan memeriksa kadar kolesterol secara teratur dan mengendalikannya dengan modifikasi gaya hidup dan obat-obatan untuk mengurangi risiko kejadian kardiovaskular di masa depan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)