Sambut Hari Batik Nasional, Kemenparekraf Gelar Istana Berkebaya

Selasa, 26 September 2023 - 15:31 WIB
loading...
Sambut Hari Batik Nasional, Kemenparekraf Gelar Istana Berkebaya
Kemenparekraf akan menggelar Istana Berkebaya dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Acara ini juga memiliki tujuan lainnya. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menggelar Istana Berkebaya dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Acara ini juga memiliki tujuan lainnya.

Di mana Istana Berkebaya diharapkan Kemenparekraf bisa mempromosikan batik ke kancah intenasional sebagai identitas bangsa. Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya menjelaskan pada 2 Oktober 2009, batik menggema pertama kali di ruang sidang UNESCO yang bertempat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Melalui sidang Intergovernmental Committee for the Safeguard of the Intangible Cultural Heritage, batik resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) milik Indonesia.

"Istana Berbatik menjadi bagian untuk merayakan hari batik nasional yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober," kata Nia Ndalam Weekly Brief With Sandi Uno pada Senin, 25 September 2023.



“Dan pagelaran ini menjadi momentum untuk mempromosikan batik ke kancah internasional,” imbuhnya.

Sementara itu, PLT Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf Ni Komang Ayu Astiti menjelaskan Istana Berkebaya rencananya akan dilaksanakan 1 Oktober 2023 di Istana Merdeka, Jakarta.

Adapun acara ini terdiri dari fashion show, pertunjukan musik dan tari, serta eksibisi batik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Rencananya, kegiatan ini juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi.

“Kegiatan ini akan dihadiri oleh Presiden RI beserta Ibu Negara, Wakil Presiden RI beserta Ibu, jajaran Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju, Duta Besar dari negara sahabat, Keluarga Keraton, figur publik, dan juga masyarakat,” jelas Ni Komang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2637 seconds (0.1#10.140)