6 Cara Menghindari Scams saat Traveling, Salah Satunya Kenali Bentuk Penipuan

Rabu, 27 September 2023 - 07:00 WIB
loading...
6 Cara Menghindari Scams saat Traveling, Salah Satunya Kenali Bentuk Penipuan
Traveling memang memberi pengalaman yang sangat menyenangkan. Namun, penting untuk selalu waspada dengan berbagai peluang kejahatan di negara tujuan. Foto/ global-goose.
A A A
JAKARTA - Bepergian atau traveling ke suatu tempat memang memberi pengalaman yang sangat menyenangkan. Namun, penting untuk selalu waspada dengan berbagai peluang kejahatan di negara tujuan.

Salah satu tindah kejahatan ini berupa scam atau penipuan. Ini mungkin mengintai Anda selama perjalanan. Lalu, bagaimana mengatasinya? Berikut beberapa cara menghindari scam saat traveling .


Cara Menghindari Penipuan saat Traveling

1. Lakukan Penelitian Terkait Bentuk Penipuan

Salah satu hal paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk menghindari penipuan adalah dengan mewaspadai penipuan tersebut sejak awal.

Jika kamu mengetahui cara kerja penipuan pada umumnya, maka akan mudah untuk mengenali ketika penipu memulai aksinya.

2. Ketahui dengan Detail

Anda dapat menghindari banyak penipuan apabila memiliki pengetahuan tentang apa yang Anda lakukan, sehingga penipu tidak dapat mencoba memberi tahu sesuatu yang tidak benar. Jika Anda membeli sesuatu, cari tahu berapa biayanya terlebih dahulu.

Ketahui jam buka, aturan, dan apakah ada “pajak” atau “biaya” yang perlu dibayar.

3. Lindungi Data Pribadi

Selalu berhati-hati dengan data pribadi Anda saat bepergian. Jangan memberikan informasi kartu kredit atau paspor Anda kepada siapa pun kecuali jika Anda yakin keamanannya. Gunakan sumber daya seperti kunci kartu atau dompet anti-pencurian untuk melindungi informasi pribadi Anda.

4. Hindari Pengemis

Saat bepergian, Anda mungkin akan bertemu dengan pengemis atau peminta-minta. Waspadai situasi yang tampak mencurigakan atau mengharuskan Anda memberikan informasi pribadi. Lebih baik memberikan bantuan kepada organisasi amal yang terpercaya.


5. Gunakan Uang Tunai dengan Bijak

Selalu bawa uang tunai secukupnya dan jangan membuka dompet di tempat yang ramai.

6. Waspadai Pengalihan

Penipu, pencuri, dan pencopet sering kali menciptakan gangguan berupa mengalihkan suasana atau perhatian secara dramatis untuk menarik perhatian Anda sehingga mereka lebih mudah merampok targetnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)