Manfaat Nonton Konser untuk Kesehatan, Meningkatkan Fungsi Otak hingga Melawan Depresi

Rabu, 27 September 2023 - 08:14 WIB
loading...
Manfaat Nonton Konser untuk Kesehatan, Meningkatkan Fungsi Otak hingga Melawan Depresi
Nonton konser ternyata tidak hanya sekadar bersenang-senang, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya melawan depresi. Foto/ wp.
A A A
JAKARTA - Konser di Indonesia belakangan begitu marak, dari musisi lokal hingga mancanegara. Panggung musik ini berlangsung hampir setiap minggu. Menariknya, nonton konser memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat nonton konser bagi kesehatan yang telah dirangkum dari Health Fitness Revolution, Selasa (26/9/2023).


Manfaat Nonton Konser

1. Mengurangi stres

Jika Anda pernah menonton konser, maka Anda pasti tahu bahwa suasananya berbeda dari biasanya. Anda akan dikelilingi oleh teman dan orang asing saat konser. Dalam acara tersebut, Anda pun akan melihat semua orang tersenyum, menari, dan bersenang-senang.

Berada di lingkungan tersebut ternyata tanpa Anda sadari dapat membantu menurunkan stres Anda karena tubuh melepaskan banyak kortisol.

2. Pereda sakit

Jika Anda sedang sakit, cobalah pergi ke konser untuk meredakan rasa sakit. Hal ini bukanlah lelucon. Pergi ke konser benar-benar dapat meredakan sakit. Sebab, kala menghadiri konser, otak dapat melepaskan hormon endorfin yang membantu meredakan nyeri pada tubuh.

Hormon endorfin ini akan membuat persepsi seseorang rasa sakit di tubuhnya berkurang. Bahkan konser mampu menghalangi sinyal rasa sakit sebelum mencapai otak.

3. Membakar kalori

Datang ke konser ternyata dapat membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda bayangkan. Hal ini karena Anda menari sepenuh hati dan bernyanyi bersama sekuat tenaga.

Pada mulanya, Anda mungkin tidak menganggap konser sebagai bentuk olahraga, tapi bergerak sepanjang malam dapat membakar banyak kalori. Bahkan, ketika Anda hanya berdiri dan menonton, detak jantung akan lebih tinggi dari biasanya.

Jadi, kesimpulannya Anda akan membakar banyak kalori saat datang ke konser dibanding menjalani kehidupan sehari-hari.

4. Rasa kebersamaan

Jika Anda ingin merasa lebih bahagia, pertimbangkan untuk pergi ke konser. Penelitian telah menunjukkan bahwa tindakan membeli tiket dan merencanakan acara akan melepaskan dopamin di otak Anda sehingga membuat perasaan bahagia bahkan sebelum pergi ke tempat konser.

Kemudian, begitu Anda berada di tempat konser lalu ikut bernyanyi dan menikmati musik akan melepaskan endorfin yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

Otak Anda memahami bahwa ini adalah peristiwa yang patut diingat, sehingga perasaan bahagia itu akan tetap melekat pada Anda selama berhari-hari berikutnya.

5. Membantu melawan depresi

Menjalani kehidupan tidaklah mudah. Dalam beberapa waktu tertentu, saat sedang menjalani waktu sulit, Anda mungkin merasa ingin menyerah dan mengakhiri hidup.

Untuk itu, Anda dapat mengandalkan musik. Sebab, musik masuk ke dalam jiwa serta lirik-lirik yang indah dapat membantu mengurangi depresi seseorang. Hal ini membuat Anda berpikir positif dan tidak jadi mengakhiri hidup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)