Peduli Lingkungan, Putri Pangan 2023 Imbau Masyarakat Habiskan Makanan demi Kurangi Food Waste

Rabu, 27 September 2023 - 14:20 WIB
loading...
Peduli Lingkungan, Putri Pangan 2023 Imbau Masyarakat Habiskan Makanan demi Kurangi Food Waste
Putri Pangan 2023 Rey Yurika Malakalu mengimbau masyarakat untuk menghabiskan makanan demi mengurangi food waste. Foto/ YouTube.
A A A
JAKARTA - Putri Pangan 2023 Rey Yurika Malakalu mengimbau masyarakat untuk menghabiskan makanan untuk mengurangi food waste.

Ya, makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, tetapi sering kali kita lupa betapa pentingnya untuk menghargai makanan yang kita miliki, di mana banyak makanan yang dibuang setiap hari di seluruh dunia, yang tidak hanya menghamburkan sumber daya berharga, juga memiliki dampak besar pada lingkungan.



Sebagian orang mungkin bertanya-tanya apa hubungan antara pangan dan lingkungan? Hal ini dijawab Putri Pangan Indonesia 2023 Rey Yurika Malakalu dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo yang dipantau pada Senin (26/9/2023).

Rey menggambarkan bagaimana proses dampak lingkungan yang ada di Indonesia, khususnya kawasan DKI Jakarta.

“Misalkan DKI Jakarta, sampahnya kan dibuang di Bantar Gebang. Nah, dalam satu hari sampah yang masuk itu 8.000 ton dimana 60% nya itu berasal dari limbah lingkungan atau rumah tangga, termasuk sampah sisa makanan,” papar Rey.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa hal tersebutlah yang menjadi perhatian sekaligus ajakan kepada masyarakat luas untuk tidak membuang-buang makanan. Rey juga menuturkan angka sisa makanan secara global adalah 1,3 juta ton per tahunnya.



“Pesan aku simpel kali makan dihabiskan. Kemudian biasakan hal-hal simpel lainnya seperti bawa tumblr, kemudian bawa kantong belanja sendiri,” ujar dia.

Tak hanya khawatir terhadap sampah sisa makanan, Rey juga mengajak agar anak-anak muda seusianya untuk lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)