5 Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki, Biasanya Hilang usai Istirahat

Rabu, 27 September 2023 - 15:29 WIB
loading...
5 Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki, Biasanya Hilang usai Istirahat
Gejala kolesterol tinggi di kaki sering tidak diketahui banyak orang. Padahal, penyakit ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius mulai dari stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi di kaki sering tidak diketahui banyak orang. Padahal, penyakit ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius mulai dari stroke hingga penyakit jantung.

Abbas Kanani selaku apoteker di Chemist Click Online Pharmacy mengatakan bahwa gejala kolesterol tinggi di kaki bisa berupa penyakit arteri perifer (PAD). Kondisi ini dapat terjadi ketika plak menumpuk di dinding arteri, menghalangi aliran darah di arteri yang memasok darah ke tungkai dan kaki, serta ginjal, lengan, dan perut.

"Gejala pertama dari kondisi ini, yang disebabkan terlalu banyak kolesterol adalah nyeri pada kaki saat berjalan, yang biasanya hilang setelah beberapa menit istirahat," kata Kanani dilansir dari Express, Rabu (27/9/2023).

Secara medis, kondisi ini disebut sebagai klaudikasio intermiten, yang cenderung menyerang kedua kaki secara bersamaan. Namun, bukan hal yang aneh jika Anda mengalami nyeri yang lebih hebat pada satu kaki dibandingkan kaki lainnya.



5 Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki, Biasanya Hilang usai Istirahat

Foto/Infografis SINDOnews

“Nyerinya bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat dan cenderung berhenti setelah beberapa menit saat Anda mengistirahatkan kaki,” jelas Kanani.

Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki



Gejala umum PAD lainnya meliputi:

1. Kram
2. Sakit
3. Kelelahan
4. Nyeri di kaki saat berolahraga
5. Ketidaknyamanan di tungkai dan kaki
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)