Manfaat Teh Kombucha yang Sudah Terbukti Bisa Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Kamis, 28 September 2023 - 18:25 WIB
loading...
Manfaat Teh Kombucha yang Sudah Terbukti Bisa Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes
Teh kombucha menyimpan banyak manfaat. Konsumsi rutin teh kombucha dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada individu dengan diabetes tipe 2. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Teh kombucha menyimpan banyak manfaat kesehatan yang sudah terbukti khasiatnya. Konsumsi rutin teh kombucha dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada individu dengan diabetes tipe 2 .

Dilansir dari Times of India, Kamis (28/9/2023) temuan ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition, peneliti di Rumah Sakit Universitas Georgetown.

Penelitian ini melibatkan 12 pasien dewasa penderita diabetes tipe 2. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok mengonsumsi 240 ml kombucha setiap hari dan kelompok lainnya menerima minuman plasebo.

Percobaan berlangsung selama delapan minggu, dengan peserta mengganti minuman setelah istirahat empat minggu. Uji coba ini dilakukan secara double-blinded, memastikan peneliti dan partisipan tetap tidak mengetahui minuman apa yang mereka konsumsi.



Setelah empat minggu mengonsumsi kombucha, peserta menunjukkan penurunan kadar gula darah puasa yang signifikan. Efek ini tidak diamati pada mereka yang mengonsumsi minuman plasebo. Analisis mikrobiologis kombucha mengungkapkan adanya bakteri asam laktat, bakteri asam asetat, dan ragi, yang bertanggung jawab atas efek menguntungkannya.

Temuan menunjukkan bahwa kombucha dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Teh juga bekerja dengan mengekang napsu makan partisipan, sehingga menyebabkan porsi makan lebih kecil dan pada akhirnya mengurangi kadar gula darah puasa.

Selain itu, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kombucha dapat meningkatkan produksi insulin dan mengurangi penyerapan glukosa di usus. Penelitian ini menawarkan harapan bagi penderita diabetes, memberikan alternatif alami yang potensial untuk mengelola kondisi mereka.

Terlepas dari hasil yang menggembirakan ini, penelitian yang lebih ekstensif dengan ukuran sampel yang lebih besar diperlukan untuk mengetahui manfaat kesehatan kombucha secara menyeluruh bagi penderita diabetes tipe 2.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)