Manfaat Teh Kombucha yang Sudah Terbukti Bisa Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes
Kamis, 28 September 2023 - 18:25 WIB
loading...
Teh kombucha menyimpan banyak manfaat. Konsumsi rutin teh kombucha dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada individu dengan diabetes tipe 2. Foto/Getty Images
A
A
A
JAKARTA - Teh kombucha menyimpan banyak manfaat kesehatan yang sudah terbukti khasiatnya. Konsumsi rutin teh kombucha dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada individu dengan diabetes tipe 2 .
Dilansir dari Times of India, Kamis (28/9/2023) temuan ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition, peneliti di Rumah Sakit Universitas Georgetown.
Penelitian ini melibatkan 12 pasien dewasa penderita diabetes tipe 2. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok mengonsumsi 240 ml kombucha setiap hari dan kelompok lainnya menerima minuman plasebo.
Percobaan berlangsung selama delapan minggu, dengan peserta mengganti minuman setelah istirahat empat minggu. Uji coba ini dilakukan secara double-blinded, memastikan peneliti dan partisipan tetap tidak mengetahui minuman apa yang mereka konsumsi.
Baca Juga: 6 Manfaat Minum Biji Selasih untuk Kesehatan, Bisa Kendalikan Diabetes
Setelah empat minggu mengonsumsi kombucha, peserta menunjukkan penurunan kadar gula darah puasa yang signifikan. Efek ini tidak diamati pada mereka yang mengonsumsi minuman plasebo. Analisis mikrobiologis kombucha mengungkapkan adanya bakteri asam laktat, bakteri asam asetat, dan ragi, yang bertanggung jawab atas efek menguntungkannya.
Dilansir dari Times of India, Kamis (28/9/2023) temuan ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition, peneliti di Rumah Sakit Universitas Georgetown.
Penelitian ini melibatkan 12 pasien dewasa penderita diabetes tipe 2. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok mengonsumsi 240 ml kombucha setiap hari dan kelompok lainnya menerima minuman plasebo.
Percobaan berlangsung selama delapan minggu, dengan peserta mengganti minuman setelah istirahat empat minggu. Uji coba ini dilakukan secara double-blinded, memastikan peneliti dan partisipan tetap tidak mengetahui minuman apa yang mereka konsumsi.
Baca Juga: 6 Manfaat Minum Biji Selasih untuk Kesehatan, Bisa Kendalikan Diabetes
Setelah empat minggu mengonsumsi kombucha, peserta menunjukkan penurunan kadar gula darah puasa yang signifikan. Efek ini tidak diamati pada mereka yang mengonsumsi minuman plasebo. Analisis mikrobiologis kombucha mengungkapkan adanya bakteri asam laktat, bakteri asam asetat, dan ragi, yang bertanggung jawab atas efek menguntungkannya.
Lihat Juga :