Manfaat Teh Kombucha yang Sudah Terbukti Bisa Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Kamis, 28 September 2023 - 18:25 WIB
loading...
A A A
Temuan menunjukkan bahwa kombucha dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Teh juga bekerja dengan mengekang napsu makan partisipan, sehingga menyebabkan porsi makan lebih kecil dan pada akhirnya mengurangi kadar gula darah puasa.

Selain itu, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kombucha dapat meningkatkan produksi insulin dan mengurangi penyerapan glukosa di usus. Penelitian ini menawarkan harapan bagi penderita diabetes, memberikan alternatif alami yang potensial untuk mengelola kondisi mereka.

Terlepas dari hasil yang menggembirakan ini, penelitian yang lebih ekstensif dengan ukuran sampel yang lebih besar diperlukan untuk mengetahui manfaat kesehatan kombucha secara menyeluruh bagi penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: Manfaat Minum Teh Tiap Hari, Bisa Kurangi Risiko Kematian

Manfaat Teh Kombucha yang Sudah Terbukti Bisa Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Foto/Infografis SINDOnews

Teh kombucha sendiri dikenal dengan potensi manfaat kesehatannya, termasuk sifat antikanker, antimikroba, dan kardioprotektif, membuat para peneliti penasaran. Minuman ini dibuat dengan memfermentasi teh manis dengan campuran bakteri dan ragi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Traveloka Gelar Schooliday...
Traveloka Gelar Schooliday Sale, 46% Wisatawan RI Prioritaskan Biaya
Makin Mudah Berinvestasi,...
Makin Mudah Berinvestasi, Pegadaian dan KSEI Gandeng Tangan Kembangkan ETF Emas
Bukti Fundamental Solid,...
Bukti Fundamental Solid, BRI Alokasikan Rp500 Miliar Demi Buyback Saham
Berita Terkini
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Diperiksa Terkait Kasus...
Diperiksa Terkait Kasus Hanania Travel, Cut Meyriska dan Roger Danuarta Serahkan Bukti ke Polisi
Infografis
Bisa Turunkan Kolesterol,...
Bisa Turunkan Kolesterol, Ini Manfaat Minum Air Serai sebelum Tidur
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved