Michael Gambon Pemeran Dumbledore Meninggal Akibat Penyakit Pneumonia

Kamis, 28 September 2023 - 20:17 WIB
loading...
Michael Gambon Pemeran Dumbledore Meninggal Akibat Penyakit Pneumonia
Michael Gambon, pemeran Dumbledore meninggal dunia karena pneumonia. Kabar meninggalnya sang aktor disampaikan oleh keluarga bintang film Harry Potter tersebut. Foto/BBC
A A A
JAKARTA - Michael Gambon , pemeran Dumbledore meninggal dunia karena penyakit pneumonia. Kabar meninggalnya sang aktor disampaikan oleh keluarga bintang film Harry Potter tersebut.

Dalam pernyataan yang dirilis, istri Michael Gambon , Lady Gambon dan putranya, Fergus mengatakan bahwa sang aktor berjuang mengidap pneumonia. Penyakit ini membuatnya dirawat intensif di rumah sakit.

Dilansir dari BBC, Kamis (28/9/2023) Michael Gambon mengembuskan napas terakhirnya di rumah sakit pada usia 82 tahun. Dia pun meninggal dunia tepat di sebelah keluarga tercinta.

Dia terkenal karena memerankan Profesor Albus Dumbledore dalam enam dari delapan film Harry Potter. Bintang kelahiran Dublin ini bekerja di TV, film, teater, dan radio selama enam dekade kareirnya. Dia memenangkan empat Bafta.



Michael Gambon berperan sebagai Dumbledore, kepala sekolah sihir Hogwarts dalam serial hit Harry Potter, berdasarkan novel JK Rowling. Dia memerankan karakter ini setelah kematian Richard Harris pada 2003.

Aktor yang dikenal sebagai The Great Gambon di dunia akting ini terakhir kali tampil di panggung pada 2012 dalam produksi drama Samuel Beckett di London, All That Fall.

Keluarga Michael Gambon pindah ke London ketika dia masih kecil. Tetapi dia membuat penampilan panggung pertamanya di Irlandia, dalam produksi Othello di Dublin pada 1962.

Kariernya melejit ketika dia menjadi salah satu anggota asli perusahaan akting Teater Nasional Laurence Olivier di London. Dia kemudian memenangkan tiga penghargaan Olivier untuk penampilannya dalam produksi Teater Nasional.



Dia berperan sebagai detektif Prancis Jules Maigret dalam serial ITV Maigret dan juga dikenal karena perannya sebagai Philip Marlow dalam The Singing Detective karya Dennis Potter di BBC.

Karya filmnya yang lain meliputi adaptasi layar lebar Dad's Army, The King's Speech, dan Gosford Park. Dia dinominasikan untuk penghargaan Emmy untuk perannya sebagai Mr Woodhouse dalam adaptasi Emma karya Jane Austen pada 2010, dan untuk memerankan Presiden Lyndon B Johnson dalam Path to War pada tahun 2002.

Dia juga mendapat nominasi Tony pada 1997 untuk perannya dalam David Hare bermain Skylight.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3249 seconds (0.1#10.140)