Studi: Anak Pertama Lebih Pintar dari Adiknya, Ini Penjelasannya

Minggu, 01 Oktober 2023 - 00:05 WIB
loading...
Studi: Anak Pertama Lebih Pintar dari Adiknya, Ini Penjelasannya
Sebuah studi mengungkap anak pertama lebih pintar dari adiknya. Mereka memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik dibandingkan saudara kandungnya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Human Resources mengungkap anak pertama lebih pintar dari adiknya. Mereka memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik dibandingkan saudara kandungnya.

Perbedaan yang terjadi antara anak pertama dan adiknya ini karena menerima lebih banyak rangsangan mental pada tahap awal perkembangannya.

Dilansir dari USA Today, Minggu (1/10/2023) para peneliti dari University of Edinburgh, Analysis Group dan University of Sydney menemukan bahwa anak-anak pertama biasanya mempunyai nilai tes IQ yang lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya.

Untuk penelitian ini, para peneliti menggunakan data dari US Children of the National Longitudinal Survey of Youth terhadap hampir 5.000 anak yang dipantau sejak sebelum kelahiran hingga usia 14 tahun.



Setiap dua tahun, anak-anak dalam survei longitudinal dinilai berdasarkan beberapa kategori, termasuk membaca, penilaian kosakata dan mencocokkan huruf.

Penelitian ini menemukan bahwa anak pertama biasanya memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan saudara kandungnya pada usia 1 tahun, hal ini disebabkan oleh cara orang tua memperlakukan anak berikutnya.

Menurut penelitian, orang tua cenderung tidak melakukan aktivitas yang menstimulasi mental bersama anak-anak mereka yang lebih kecil.

Ini berarti mereka tidak mengembangkan keterampilan berpikir yang sama seperti kakaknya.



“Hasil kami menunjukkan bahwa perubahan besar dalam perilaku orang tua adalah penjelasan yang masuk akal atas perbedaan urutan kelahiran dalam hasil pendidikan dan pasar tenaga kerja,” kata Ana Nuevo-Chiquero, dari Fakultas Ekonomi Universitas Edinburgh, dalam sebuah pernyataan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0923 seconds (0.1#10.140)