Waspada 5 Penyakit Ini Rentan Menyerang saat Cuaca Panas

Sabtu, 30 September 2023 - 17:15 WIB
loading...
Waspada 5 Penyakit Ini Rentan Menyerang saat Cuaca Panas
Cuaca panas bisa menyebabkan sejumlah penyakit yang harus diwaspadai. Saat panas, peluang Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan panas meningkat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cuaca panas bisa menyebabkan sejumlah penyakit yang harus diwaspadai. Saat panas, peluang Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan panas meningkat.

Itu karena panas dan kelembapan yang tinggi membuat tubuh lebih sulit didinginkan melalui keringat. Tanpa pengobatan yang cepat, hal ini dapat menyebabkan penyakit yang tidak boleh diabaikan.

Penyakit yang berhubungan dengan panas sering dikelompokkan sebagai hipertermia. Hipertermia mengacu pada kondisi apa pun di mana tubuh Anda tidak mampu mempertahankan suhu dan menangani panas dengan baik.

Penyakit saat Cuaca Panas



Berikut penyakit yang menyerang saat cuaca panas dilansir dari Unilab, Sabtu (30/9/2023).



1. Flu


Pertama adalah flu. Tidak cuma di musim penghujan, flu yang disertai pilek juga bisa muncul saat cuaca panas. Beberapa virus dan bakteri lain berkembang biak di bawah terik matahari yang ekstrem, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Untuk itu, dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan dan mengenakan masker saat di luar rumah. Termasuk di cuaca yang panas.

2. Penyakit Kulit


Selanjutnya ada penyakit kulit. Berada di bawah terik matahari musim panas dapat menyebabkan sengatan matahari yang berbahaya di seluruh tubuh.

Hal itu bisa memicu masalah kulit terbakar hingga infeksi. Untuk itu, pastikan selalu memakai tabir surya dengan SPF yang cukup, juga mengenakan pakaian yang nyaman dan tertutup agar terhindar dari sengatan matahari langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)