Golongan Darah O Disarankan Tidak Minum Kopi, Ini Alasannya

Minggu, 01 Oktober 2023 - 19:07 WIB
loading...
Golongan Darah O Disarankan Tidak Minum Kopi, Ini Alasannya
Kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi seseorang dengan golongan darah O tidak disarankan minum kopi, kenapa? Foto/ pexels.
A A A
JAKARTA - Kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko parkinson, menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan menjaga kesehatan otak.

Di balik manfaat tersebut, ada yang berpendapat bahwa seseorang yang mempunyai golongan darah O, tidak disarankan mengonsumsi kopi karena berpengaruh terhadap pengentalan darah. Apakah itu benar? Ini penjelasan Profesor Zubairi Djoerban selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam.



“Memang ada saran untuk yang memiliki golongan darah O agar mengurangi konsumsi kopi. Tapi alasannya bukan karena risiko pengentalan darah. Lebih kepada kemungkinan menjadi “deg-degan” untuk beberapa orang, termasuk golongan darah O,” kata Profesor Zubairi, dikutip dalam akun X miliknya @ProfesorZubairi, Minggu (1/10/2023).

Satu penelitian justru berpendapat menemukan bahwa dengan mengonsumsi kopi, maka risiko mengalami trombosis vena 30 Persen lebih rendah, dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Menurutnya, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa orang dengan golongan darah O yang minum kopi , akan lebih mudah mengalami pembekuan atau pengentalan darah.



“Sebaliknya, ada penelitian mengungkap bahwa orang dengan golongan darah O justru lebih sulit mengalami pembekuan (hiperkoagulasi), dan lebih sukar terjadi trombosis,” kata Prof Zubairi.

Artinya, kemungkinan untuk memiliki stroke dan jantung menjadi berkurang. Untuk itu, mungkin mengonsumsi kopi masih diperbolehkan, akan tetapi dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)