5 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Gula Darah

Minggu, 01 Oktober 2023 - 14:41 WIB
loading...
5 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Gula Darah
Biji bunga matahari alias kuaci merupakan salah satu camilan yang populer di Indonesia. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Biji bunga matahari alias kuaci merupakan salah satu camilan yang populer di Indonesia. Meskipun membuka kuaci perlu kesabaran, namun biji kecil ini memiliki banyak manfaat dan nutrisi.

Cukup mudah ditemukan di minimarket sekali pun, berikut adalah beberapa manfaat kuaci, dikutip dari laman PharmEasy, Minggu (1/10/2023).

1. Efek Kardioprotektif

Biji bunga matahari kaya akan asam oleat dan linoleat serta rendah lemak jenuh dan natrium. Kuaci juga mengandung magnesium, potasium, dan serat.



Biji-bijian ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serum. Mengonsumsinya juga dapat mengurangi terjadinya aritmia. Semua efek ini membantu melindungi tubuh dari terjadinya gangguan kardiovaskular.

2. Kurangi Risiko Kanker

Beta-sitosterol dan fitosterol yang ada dalam biji bunga matahari membantu mencegah kanker payudara. Menghambat pertumbuhan sel tumor, memperkecil ukuran tumor, dan juga mencegah metastasis.

Antioksidan yang kuat dalam biji bunga matahari mengurangi risiko kanker. Mengonsumsi biji-bijian ini juga mengurangi kemungkinan terkena kanker usus besar.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Biji bunga matahari bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan kondisi kronis yang menyebabkan tingginya kadar gula darah dalam tubuh karena sel-sel tidak merespons insulin sebagaimana mestinya. Beberapa gejalanya antara lain peningkatan rasa haus dan lapar, sering buang air kecil, penurunan berat badan tanpa sebab, kelelahan, dan penglihatan kabur.


4. Meningkatkan Fungsi Otak

Biji bunga matahari mengandung vitamin B6. Vitamin ini meningkatkan suasana hati dan konsentrasi serta daya ingat. Biji-bijian ini melepaskan serotonin dan norepinefrin dalam tubuh kita.

Biji bunga matahari juga membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan sindrom pramenstruasi (PMS).

5. Baik untuk Kulit

Mengkonsumsi biji bunga matahari membuat kulit kita tetap bersinar. Aktivitas antibakteri dan antijamur dari biji kuaci juga mencegah infeksi, sehingga menjaga kulit tetap bersih.

Asam oleat dan linoleat yang terdapat dalam biji bunga matahari membantu pembentukan kolagen dan elastin, sehingga mempercepat penyembuhan luka. Senyawa tersebut juga mencegah pembentukan bekas luka.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)