5 Makanan Penurun Kolesterol secara Alami, Tomat Lebih Baik dari Alpukat

Selasa, 03 Oktober 2023 - 09:13 WIB
loading...
5 Makanan Penurun Kolesterol...
Makanan penurun kolesterol banyak dicari. Apalagi, yang alami. Ini bisa menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Foto/ meredithcorp.
A A A
JAKARTA - Makanan penurun kolesterol banyak dicari. Apalagi, yang alami. Ini bisa menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Menariknya, tomat bisa lebih baik daripada alpukat. Namun, tetap dua makanan itu menjadi penting untuk menurunkan kolesterol .

Dikutip thehealthy pada Selasa (3/10/2023), berikut makanan penurun kolesterol secara alami.

Baca Juga: 5 Ikan dan Daging Paling Sehat untuk Dikonsumsi, Salmon Juaranya

Makanan Penurun Kolesterol

1. Almond

Segenggam almond mengandung 9 gram lemak tak jenuh tunggal. Ini membantu mengurangi kolesterol jahat , sekaligus meningkatkan jenis lemak baik.

Menikmati kacang almond daripada donat, keripik atau pretzel untuk dua kali camilan sehari dapat mengurangi kolesterol “jahat” hampir 10 persen.

Vitamin E alami dalam “daging” almond ditambah flavonoid dalam kulit tipis kacang ini juga membantu menghentikan perkembangan plak yang menyumbat arteri.

2. Alpukat

Dalam sebuah penelitian Instituto Mexicano del Seguro Social di Meksiko, wanita dan pria yang makan satu buah alpukat per hari selama seminggu mengalami penurunan kolesterol total sebesar 17 persen.

Meski kadar LDL dan trigliserida yang tidak sehat turun, kadar HDL yang baik justru meningkat—mungkin berkat tingginya kadar lemak tak jenuh tunggal “baik” dalam alpukat. Buah berlemak ini juga kaya akan beta-sitosterol yang mampu memotong kolesterol.

3. Tomat

Makan tujuh porsi atau lebih per minggu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 30 persen dalam penelitian terbaru terhadap lebih dari 35 ribu wanita yang dilakukan oleh dokter di Rumah Sakit Brigham dan Wanita Boston.

Bisa jadi antioksidan likopen atau kadar vitamin C, potasium dan serat yang luar biasa dalam tomat. Memasak tomat selama 30 menit atau lebih akan meningkatkan kadar likopen yang tersedia. Dan 1/4 cangkir tomat yang dijemur memiliki lebih banyak tekanan darah – menurunkan potasium dibandingkan pisang ukuran sedang!

Baca Juga: Bolehkan Makan Tempe Setiap Hari? Alergi Kedelai Wajib Waspada

4. Salmon

Di antara ikan berlemak yang kaya omega-3, salmon adalah rajanya: Satu porsi mengandung sekitar 1,8 gram asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), omega-3 penting yang membantu mengurangi risiko detak jantung tidak berirama yang mematikan; mengurangi kolesterol jahat; peradangan dingin; dan bahkan dapat mencegah aterosklerosis dan pembentukan bekuan darah.

5. Oatmeal

Betaglucan, serat larut yang ditemukan dalam oat, bertindak seperti spons, menjebak asam empedu kaya kolesterol di usus dan menghilangkannya. Hasilnya adalah LDL “jahat” yang lebih rendah karena lebih sedikit kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah. Semangkuk besar oatmeal per hari (sekitar 1-1/2 cangkir) dapat mengurangi kolesterol tambahan 2 hingga 3 persen, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
5 Buah Terbaik untuk...
5 Buah Terbaik untuk Sarapan Sehat dan Praktis, Bikin Energi Tahan Lama
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Kalap Makan saat Lebaran,...
Kalap Makan saat Lebaran, Ini 5 Tips Agar Kolesterol Terkontrol
8 Cara Cegah Asam Urat...
8 Cara Cegah Asam Urat dan Kolesterol Naik Saat Lebaran, Jangan Kalap Makan!
Terlihat Sehat, 7 Makanan...
Terlihat Sehat, 7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Tinggi Kalori
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Solo, Kolesterol dan Tekanan Darah Banyak Ditemukan
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Bogor, 7 dari 10 Peserta Berisiko Penyakit Kronis
Rekomendasi
Amnesty International...
Amnesty International Desak TNI Tak Dilibatkan Jaga Demo Mahasiswa Hari Ini
Doa Akhir dan Awal Tahun...
Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam yang Penting Diketahui!
Mahasiswa Indonesia-Thailand...
Mahasiswa Indonesia-Thailand Pelajari Rantai Pasok Kopi Jawa Lewat Short Course UNEJ
Berita Terkini
Diperiksa Terkait Kasus...
Diperiksa Terkait Kasus Hanania Travel, Cut Meyriska dan Roger Danuarta Serahkan Bukti ke Polisi
Bisa Tetap Berkarya!...
Bisa Tetap Berkarya! Ini Tips Menjaga Kualitas Hidup Setelah Pensiun
Rahasia Bebas Bergerak:...
Rahasia Bebas Bergerak: Mengapa Kesehatan Sendi Kunci Utama Gaya Hidup Aktif
Badan Bau Amis Meski...
Badan Bau Amis Meski Sudah Mandi? Bisa Jadi Tanda Penyakit Langka Trimethylaminuria
Dari Video Rumahan ke...
Dari Video Rumahan ke 15 Juta Juta Subscribes, Ini Rahasia Aletha Abew Bikin Penonton Betah
Maraton Microdrama Makin...
Maraton Microdrama Makin Seru di V+Short, Simak Rekomendasinya!
Infografis
5 Makanan Tinggi Estrogen...
5 Makanan Tinggi Estrogen yang Baik Dikonsumsi saat Menopause
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved