5 Ikan dan Daging Paling Sehat untuk Dikonsumsi, Salmon Juaranya

Senin, 02 Oktober 2023 - 07:01 WIB
loading...
5 Ikan dan Daging Paling Sehat untuk Dikonsumsi, Salmon Juaranya
Ada banyak olahan makanan sehat yang baik untuk tubuh, seperti ikan dan daging. Foto/istock.
A A A
JAKARTA - Ada banyak sekali olahan makanan sehat yang baik untuk tubuh, seperti ikan dan daging. Diketahui, daging memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari sayur-mayur dan buah-buahan.

Daging yang bisa dikonsumsi ini sangat beragam, baik daging ayam, daging sapi, hingga ikan. Mengutip dari Eat This, Not That! pada Senin (2/10/2023), berikut ikan dan daging paling sehat untuk tubuh.


Ikan dan Daging Paling Sehat

1. Salmon

Salmon , baik kalengan, diasap, atau dipanggang semuanya memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

“Salmon bukan hanya sumber protein yang luar biasa, tetapi juga sangat tinggi asam lemak omega 3 yang penting untuk kesehatan jantung dan bahkan depresi,” kata Jenna Volpe, ahli diet yang terdaftar fungsional RD di Whole-Istic Living.

Satu porsi yang tersdiri dari 3 ons Salmon Atlantik Liar mengandung 7 gram lemak yang sebagian besar berasal dari asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Selain itu, menurut penelitian, omega-3 bersifat anti-inflamasi dan bermanfaat untuk kulit dan persendian

2. Daging sapi giling rendah lemak

Meskipun daging merah memiliki jumlah lemak jenuh yang tidak sehat. Namun, daging sapi giling dianggap lebih sehat. Sebab, daging sapi yang telah digiling menawarkan vitamin, protein, dan mineral yang lebih tinggi. Sementara kandungan dagingnya lebih rendah dibanding daging sapi. Dengan demikian, daging sapi giling termasuk makanan sehat.

“Daging sapi mengandung beberapa nutrisi penting untuk berbagai fungsi tubuh, penunjang kekebalan tubuh, dan metabolisme energi seperti zat besi, seng, vitamin B seperti B12 dan niasin, serta selenium,” kata Amber Trejo Ms, RDN, CDN, CPT , pendiri Naked wellness pembinaan.

3. Sarden

“Sarden kaya akan nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, vitamin D, kalsium, dan mineral,” kata Wan Na Chun, MPH, RD, CPT dari One Pot Wellness.

Satu kaleng berukuran 3,75 ons mengandung 22,6 gram protein berkualitas serta 27% DV untuk kalsium. Nutrisi ini penting untuk kekuatan tulang dan kesehatan kulit. Selain itu, sarden juga kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

4. Ikan kod

Jika kamu tidak menyukai rasa amis salmon atau sarden, ikan kod adalah pilihan makanan laut berprotein tinggi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Sebab ikan kod ini memiliki rasa yang ringan. Dengan kurang dari 1 gram lemak, hanya 90 kalori, dan 19 gram protein per porsi 3-ounce, ini adalah pilihan yang sehat dan kaya protein untuk makan malam.


5. Pinggang babi

Pinggang babi merupakan salah satu sumber vitamin B yang sangat baik, termasuk thiamin, niacin, vitamin B6, dan vitamin B12.

Kandungan vitamin B sendiri sangat penting untuk produksi energi dan terlibat dalam proses tubuh mulai dari sintesis DNA hingga produksi neurotransmitter. Vitamin B ini larut dalam air dan perlu diisi ulang setiap harinya.

Selain itu, daging pinggang babi ini baik untuk tubuh karena memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Tiga ons daging babi yang dimasak mengandung 22 gram protein dan hanya 2,4 gram lemak jenuhnya, atau hanya 11% dari batas harian yang disarankan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)