Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi, Berkaca Kasus Bocah Meninggal di Bekasi

Selasa, 03 Oktober 2023 - 15:00 WIB
loading...
Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi, Berkaca Kasus Bocah Meninggal di Bekasi
Kasus bocah berinsial BAD meninggal dunia bikin heboh. Kabarnya setelah operasi amandel. Foto/ childrensmercy.
A A A
JAKARTA - Kasus seorang bocah berinsial BAD asal Bekasi meninggal dunia bikin heboh. Kabarnya, BAD tutup usia setelah melakukan operasi amandel.

Dilansir Mayo Clinic, amandel adalah dua bantalan jaringan berbentuk oval di bagian belakang tenggorokan . Radang pada amandel sendiri sering kali dialami sejumlah orang.

Tanda dan gejala radang amandel, antara lain pembengkakan amandel, sakit tenggorokan , kesulitan menelan dan nyeri tekan pada kelenjar getah bening di sisi leher.

Sebagian besar kasus radang amandel disebabkan oleh infeksi virus biasa, namun infeksi bakteri juga dapat menyebabkan radang amandel.



Sementara, sering kali radang amandel perlu tindakan pembedahan. Biasanya, hal itu dilakukan hanya jika radang amandel sering terjadi, tidak merespons pengobatan lain, atau menyebabkan komplikasi serius.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan radang amandel tanpa operasi bila kasusnya tidak begitu parah. Berikut caranya yang sudah dirangkum oleh MNC Portal Indonesia.

Cara Obati Radang Amandel Tanpa Operasi

1. Minum Air Hangat

Minum air hangat menjadi cara ampun. Tak cuma air putih, termasuk juga sup, kaldu dan the hangat yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Teh herbal yang mengandung bahan-bahan seperti madu, pektin atau gliserin dapat membantu karena bahan-bahan ini membentuk lapisan pelindung pada selaput lendir di mulut dan tenggorokan yang dapat meredakan iritasi.

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam untuk sementara dapat meredakan nyeri atau rasa geli di bagian belakang tenggorokan. Kamu dapat membuat campuran air asin dengan menambahkan seperempat sendok teh garam ke dalam air hangat dan mengaduk larutan hingga garam larut.

Berkumur dengan air garam selama beberapa detik. Aman untuk mengulangi proses ini sesering yang diperlukan selama kamu menghindari menelan campuran tersebut.

3. Meningkatkan kelembaban dalam ruangan

Udara kering dapat semakin mengiritasi sakit tenggorokan . Penderita tonsilitis dapat memperoleh manfaat dari penggunaan pelembab kabut dingin.

Untuk itu, kamu harus membersihkan pelembab udara setiap hari untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri berbahaya yang bisa makin memperparah radang tenggorokan.

4. Menghindari ketegangan pada suara

Bengkak di tenggorokan bisa menyebabkan suara menjadi teredam. Meninggikan suara pun berisiko menyebabkan iritasi tenggorokan lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2356 seconds (0.1#10.140)