Apakah Daging Kerbau Mengandung Kolesterol? Ternyata Ini Faktanya

Rabu, 04 Oktober 2023 - 07:57 WIB
loading...
Apakah Daging Kerbau Mengandung Kolesterol? Ternyata Ini Faktanya
Daging kerbau memang mengandung kolesterol. Namun, ternyata kadarnya lebih rendah dibandingkan sapi. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Apakah daging kerbau mengandung kolesterol? Mungkin pertanyaan ini kerap muncul di benak Anda.

Meski daging kerbau tak sepopuler daging sapi ataupun kambing, faktanya beberapa jenis kuliner di Indonesia ada yang menggunakan daging kerbau sebagai bahan baku utamanya.

Namun, artikel ini tak akan membahas menu apa saja yang terbuat dari daging kerbau. Melainkan soal berapa sih kadar kolesterol dalam daging kerbau?



Ya, tak bisa dipungkiri, daging kerbau memang mengandung kolesterol. Namun, ternyata kadarnya lebih rendah dibandingkan sapi.

Melansir laman The Buffalo Farm, Selasa (3/10/2023), daging kerbau memiliki kadar kolesterol yang rendah, kandungan mineral tinggi, dan kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan daging sapi.

Secara lebih detail, laman Livestrong menerangkan kadar kandungan gizi daging kerbau. Nilai kalori daging kerbau adalah 146 kalori per 100 gram. Kemudian, daging kerbau mengandung 7,21 gram lemak dan sekitar 55 mg kolesterol per 100 gram.

"Sementara pada porsi yang sama, kolesterol daging sapi ada sebanyak 65 mg kolesterol dan 10 gram lemak," tulis laman tersebut.

Berdasarkan data tersebut, terlihat juga kalau kandungan lemak pada daging kerbau lebih rendah dibandingkan daging sapi. Memang lemak tidak sepenuhnya buruk karena tubuh kita tetap membutuhkannya. Hanya, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak dalam jumlah besar.

Jika berlebihan, konsumsi daging kerbau ataupun sapi bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari.

Namun, jika Anda ingin membatasi makanan berlemak, daging kerbau bisa menjadi salah satu pilihan.

Di samping itu, kandungan kalium daging kerbau juga lebih tinggi daripada daging sapi. Kalium dibutuhkan tubuh untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)