Bikin Kuat Fisik dan Mental! Ini Manfaat Olahraga Renang untuk Pertumbuhan Anak

Rabu, 04 Oktober 2023 - 17:17 WIB
loading...
Bikin Kuat Fisik dan Mental! Ini Manfaat Olahraga Renang untuk Pertumbuhan Anak
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ada banyak sekali manfaat olahraga renang untuk pertumbuhan anak, baik dari segi fisik maupun mental. Di sisi lain, anak-anak juga sangat menyukai aktivitas di dalam air sehingga kegiatan ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang.

Menurut Swim England, bunda bisa mulai mengajarkan anak berenang sejak ia berusia 3 bulan atau setelah mendapat persetujuan dari dokter. Lalu, apa saja sih manfaat olahraga renang untuk pertumbuhan anak? Yuk simak ulasannya!

5 Manfaat Olahraga Renang untuk Pertumbuhan Anak

1. Melatih Otot

Membiasakan anak berenang saat masa pertumbuhannya dapat membantu pembentukan otot dan pertumbuhan serta kekuatan tulang. Pasalnya, ketika berenang, seluruh anggota tubuh anak akan terus bergerak melawan arus air. Berbagai gerakan ini dapat membantu mengencangkan dan memperkuat otot-otot tubuhnya.

Berenang menjadi salah satu di antara beragam olahraga dengan aktivitas fisik yang mengandalkan otot dan tulang di seluruh tubuh. Memiliki otot dan tulang yang kuat akan memungkinkan anak lebih optimal mempelajari berbagai keterampilan motorik yang penting, seperti berjalan dan berlari.


2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Tidak hanya orang dewasa yang terserang stres, anak-anak pun dapat mengalaminya. Manfaat olahraga renang membantu mengurangi stres dan kecemasan pada anak-anak. Aktivitas ini juga membantu meningkatkan perasaan bahagia dan positif, sehingga meningkatkan kesehatan mental anak-anak.

3. Mengontrol Berat Badan

Menjaga anak tetap aktif dapat membantu mengontrol berat badan sekaligus mencegah obesitas pada anak. Nah, untuk mendapat manfaat tersebut, salah satu aktivitas fisik anak yang dapat dilakukan adalah olahraga aerobik, termasuk berenang.

CDC menyebutkan, setidaknya anak perlu melakukan aktivitas fisik selama satu jam per hari untuk mengontrol berat badannya. Selingi aktivitas fisik ini dengan berenang agar anak-anak tidak bosan.

4. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Banyak anak yang tidak bisa tidur nyenyak atau susah ketika diarahkan untuk tidur. Nah, renang adalah olahraga yang butuh banyak energi. Ketika banyak energi terkuras setelah berenang, waktu istirahat si kecil jadi lebih optimal.

5. Menambah Tinggi Badan

Olahraga renang memang dapat membantu meningkatkan tinggi badan anak, namun perlu diingat bahwa faktor-faktor genetik, nutrisi, dan faktor lingkungan lainnya juga mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan anak.

Beberapa gerakan renang seperti gaya dada dan gaya bebas, melibatkan gerakan meluncur di dalam air yang memanfaatkan gravitasi untuk membantu memperpanjang tulang belakang dan meningkatkan tinggi badan.

Selain itu, berenang juga membantu melatih otot dan tulang, sehingga memungkinkan anak untuk memiliki postur tubuh yang lebih baik, yang juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan.

Itulah beberapa manfaat olahraga renang untuk pertumbuhan anak. Namun perlu diingat, bunda harus menyiapkan semua kebutuhan si kecil seperti baju renang, ban, kacamata, dan lain sebagainya sebelum melakukan aktivitas tersebut.

Nah, biar kantong nggak jebol untuk melengkapi semua kebutuhan tersebut, belinya di AladinMall aja, mumpung lagi ada diskon hingga 50% plus gratis ongkir tanpa batas!

Penasaran? Makanya, download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play Store untuk mengetahui promo menarik lain! Pokoknya, belanja online jadi semudah dan sehemat itu deh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)