Fashion Stylist Wesly Jubilant: Kekayaan Wastra Indonesia Berperan Majukan Industri Kreatif

Rabu, 04 Oktober 2023 - 23:55 WIB
loading...
Fashion Stylist Wesly Jubilant: Kekayaan Wastra Indonesia Berperan Majukan Industri Kreatif
Fashion Stylist Wesly Jubilant dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Rabu (4/10/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Indonesia terkenal dengan ragam budaya yang salah satunya tertuang dalam berbagai motif batik. Batik sendiri telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2009.

Terlihat kesadaran masyarakat untuk melestarikan sekaligus menjaga wastra Indonesia kini makin jelas dan menjamur di mana-mana. Terbukti, belakangan banyak bermunculan komunitas muda-mudi yang menjadikan kain batik bukan sekadar identitas, tetapi juga menjadi suatu hal yang integral dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dalam segala momen.

Dosen, fashion stylist, sekaligus fashion designer Wesly Jubilant menuturkan, wastra Indonesia memiliki potensi tinggi dalam memajukan industri kreatif di Tanah Air.

“Sangat berperan. Apalagi kalau misalnya didukung dengan pemerintah yang mempermudah,” ungkap Wesly dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (4/10/2023).

Wesly kemudian menyebutkan beberapa desainer Indonesia yang turut mengenalkan wastra Nusantara di luar negeri, terutama dalam beberapa ajang fashion berskala gloabal. Sejumlah nama ini seperti Ferry Sunarto dan Harry Halim yang menampilkan karya dengan motif khas Indonesia pada salah satu fashion di Paris, Prancis.

“Sekarang dukungan yang paling dibutuhkan adalah dari pemerintah dan media,” tambahnya.

Lebih lanjut Wesly juga mengeluhkan minimnya dukungan dari pemerintah dan media yang masih belum maksimal. Salah satunya dalam hal penyediaan subsidi di bidang industri kreatif seperti fesyen.

“Subsidi kreatif semestinya ada untuk fesyen atau bidang-bidang lainnya. Menurutku masih sangat kurang perhatian pemerintah,” kata Wesly.

Ia melihat adanya kekhawatiran dan sedikit perhatian dari pemerintah dalam mengembangkan industri fesyen, terutama yang berkaitan dengan wastra.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)