Mengenal Fungsi Plastik sebagai Wadah Pangan, Tak Sekadar untuk Kemas Makanan

Rabu, 04 Oktober 2023 - 19:19 WIB
loading...
Mengenal Fungsi Plastik sebagai Wadah Pangan, Tak Sekadar untuk Kemas Makanan
Para narasumber dalam sesi edukasi bertajuk Cooking Class & Plastic Packaging Talkshow yang digelar perusahaan kimia produsen biji plastik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk di Jakarta, Rabu (4/10/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wadah plastik memiliki fungsi yang penting dalam bidang pengemasan makanan. Bukan sekadar wadah, plastik juga bisa menjaga kualitas bahan makanan sehingga tetap aman dan menyehatkan buat tubuh.

Menurut Dosen sekaligus Peneliti Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dan SEAFAST Center IPB Prof. Dr. Nugraha Edhi, wadah plastik dapat menjaga bahan makanan terhindar dari kontaminasi mikroba. Terlebih jika makanan tersebut disimpan di dalam chiller ataupun freezer dengan suhu yang stabil.

"Tapi kalau disimpan di chiller, hanya tahan dua hari. Kalau lebih dari itu, bisa ada perubahan kualitas karena mikroba tumbuh di chiller. Sementara kalau di freezer, (makanan) akan semakin awet karena mikroba tidak bisa tumbuh di dalam freezer. Patogen nggak bisa tahan di freezer," beber Prof. Edhi dalam sesi edukasi bertajuk Cooking Class & Plastic Packaging Talkshow yang digelar perusahaan kimia produsen biji plastik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Wadah plastik yang diperuntukkan bagi makanan tentu harus dirancang sedimikian rupa untuk melindungi pangan dari pengaruh lingkungan seperti cahaya, oksigen, kelembaban, mikroorganisme, serangga, debu, emisi gas, tekanan, dan lain lain.

“Wadah plastik tertutup seperti kotak thin wall dan kotak plastik kini semakin banyak digunakan untuk menyimpan makanan karena durabilitas serta keamanannya sehingga makanan menjadi tetap sehat dan segar. Selain segar dan tahan lama, isi kulkas juga terlihat lebih rapi serta tidak menimbulkan bau tak sedap," kata Celebrity Chef Norman Ismail di kesempatan yang sama.

Untuk mengoptimalkan wadah plastik ini, kata Chef Norman, kita harus tahu cara penggunaannya yang tepat.

“Untuk daging mentah atau ikan harus disimpan kotak plastik yang kedap udara pada bagian freezer. Untuk telur, simpan di bagian kulkas yang mempunyai suhu stabil seperti rak atas atau tengah. Tidak disarankan untuk menyimpan telur pada pintu kulkas karena sering dibuka tutup sepanjang hari yang justru dapat menyebabkan telur cepat busuk," beber Chef Norman, memberikan tips.

"Sementara untuk sayuran dan buah, sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, cuci dan tiriskan airnya, lalu simpan di kotak plastik agar kualitas nutrisi pada buah dan sayur tetap terjaga serta aman untuk dikonsumsi," tambahnya.

Saat menggunakan wadah untuk makanan atau minuman, kata Prof. Edhi lagi, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mencari label food grade plastic. Label ini menerangkan bahwa wadah tersebut aman sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman.

“Pada dasarnya kemasan plastik yang beredar di pasaran sudah melewati pemeriksaan dan memenuhi standar keamanan pangan. Yang paling mudah adalah melihat ada tidaknya logo pangan (gambar/logo sendok garpu) di kemasannya. Artinya itu food grade, yaitu aman untuk kontak dengan pangan,” terangnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)
pixels