9 Rujak Khas Indonesia, Paling Unik Disiram Kuah Kepala Ikan Pindang

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 13:01 WIB
loading...
9 Rujak Khas Indonesia, Paling Unik Disiram Kuah Kepala Ikan Pindang
Anda mungkin hanya tahu beberapa jenis rujak saja. Padahal, ada banyak jenis rujak di Indonesia dengan cita rasa menggoda. Foto/ wonderful indonesia.
A A A
JAKARTA – Anda mungkin hanya tahu beberapa jenis rujak saja, seperti rujak buah atau rujak bebek. Padahal, ada banyak jenis rujak di Indonesia dengan cita rasa yang menggugah selera.

Nah, berikut ini beberapa jenis rujak yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Berikut di antaranya, dilansir laman Wonderful Indonesia pada Jumat (6/10/2023).


Rujak Khas Indonesia

1. Rujak Gobet Malang

Malang tidak hanya terkenal dengan baksonya, juga terkenal dengan sajian rujak gobet. Mau tahu rasanya?

Rujak khas Malang ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan, seperti kedondong, bengkoang, mangga muda, nanas, mentimun, ubi jalar, dan jeruk bali, yang diparut dan direndam dalam kuah pedas, manis dan gurih.

2. Rujak Es Krim Yogyakarta

Ada yang berbeda dengan sajian rujak di Yogyakarta. Rujak di daerah ini ternyata diberikan topping es krim.

Sajian rujak yang terdiri dari potongan buah-buahan seperti timun, kedondong, nanas, bengkoang dan pepaya ini disiram bumbu rujak, kemudian ditambahkan topping es krim rasa kelapa di atasnya.

Rasa pedas, manis, dan asam yang dihasilkan oleh kudapan yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan dahaga di tengah cuaca panas Yogyakarta!
9 Rujak Khas Indonesia, Paling Unik Disiram Kuah Kepala Ikan Pindang

3. Rujak Juhi Jakarta

Rujak juhi adalah rujak khas Betawi. Rujak ini menggunakan juhi atau cumi-cumi yang telah melalui proses fermentasi dan dikeringkan sebagai bahan utamanya.

Selain juhi, ada juga bahan lain, seperti kol, kentang, selada, timun, dan kerupuk mie sebagai bahan pelengkapnya. Sedangkan untuk sausnya, rujak juhi menggunakan saus kacang yang segar yang disiram di atasnya.

4. Rujak U Groh Aceh

Aceh Besar punya jenis rujaknya sendiri lho, namanya rujak U Groh. Nah, jika kebanyakan rujak berupa irisan buah-buahan, rujak ini terbuat dari batok kelapa.

Batok kelapa muda dikerik dan dicuci, kemudian dicampurkan dengan bumbu rujak dan diberi perasan air jeruk nipis. Kedengarannya segar ya?

5. Rujak Soto Banyuwangi

Rujak soto terdiri dari sayuran rebus, seperti kangkung dan tauge, dicampur dengan kuah spesial yang terbuat dari kacang tanah halus, gula merah, dan terasi.

Sajian rujak ini ditempatkan dalam mangkuk dan dituangkan bersama dengan kuah soto yang gurih dan hangat. Seperti rujak ala Jawa Timur lainnya, rujak banyuwangi ini juga bisa diisi dengan topping cingur lho.
9 Rujak Khas Indonesia, Paling Unik Disiram Kuah Kepala Ikan Pindang

6. Rujak Cingur Surabaya

Ini dia salah satu rujak yang terkenal seantero negeri. Saking terkenalnya, rujak cingur khas Surabaya bisa ditemukan di hampir setiap daerah di Indonesia.

Namun, jika Anda menikmatinya di daerah asalnya, tentu saja rasanya akan lebih istimewa. Rujak cingur adalah rujak yang terbuat dari lidah sapi yang direbus dengan suhu tinggi, sehingga terasa lebih empuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2820 seconds (0.1#10.140)