Manfaat Minyak Telon untuk Bayi, Menghangatkan dan Menenangkan si Kecil

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 18:12 WIB
loading...
Manfaat Minyak Telon untuk Bayi, Menghangatkan dan Menenangkan si Kecil
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Manfaat minyak telon untuk bayi sangat banyak. Tak hanya bikin rileks, dengan minyak telon bayi terhindar dari gigitan nyamuk.

Minyak telon adalah item perlengkapan dan perawatan bayi yang tidak bisa dipisahkan. Minyak telon sering dijadikan pilihan utama untuk dioleskan ke tubuh bayi karena disinyalir memiliki beragam efek yang menguntungkan.

Minyak telon merupakan campuran dari tiga jenis minyak esensial tumbuhan yang banyak terdapat di alam Indonesia. Campuran tersebut adalah minyak kayu putih, minyak kelapa dan minyak adas atau jintan. Persentase dari masing-masing minyak tersebut bervariasi pada tiap produk yang dijual bebas di pasaran.



Buat yang belum tahu, ini manfaat minyak telon untuk bayi.

Manfaat Minyak Telon untuk Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Minyak telon dapat menghangatkan tubuh bayi karena memiliki kandungan cineole yang ada pada minyak kayu putih. Cineole adalah senyawa aktif yang bisa memberikan kehangatan pada tubuh bayi dan mencegahnya dari kedinginan.

Efek Menenangkan Bayi

Memijat bayi menggunakan minyak telon diketahui bisa membuat bayi lebih tenang dan rileks. Manfaat ini diduga berasal dari efek hangat yang diberikan dan aroma yang dikeluarkan dari minyak telon.

Melembabkan Kulit Bayi

Tak hanya menenangkan, memijat bayi dengan minyak telon juga dapat menjaga kelembaban kulitnya. Hal ini karena minyak telon mengandung minyak kelapa yang membuat kulit bayi semakin lembut, halus, dan lembap.

Mencegah Gigitan Nyamuk

Minyak kayu putih yang terkandung dalam minyak memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk dari aromanya. Selain itu, kandungan anetol di dalam minyak adas juga memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk.

Meredakan Sakit pada Perut

Kandungan minyak adas dalam minyak telon dipercaya dapat meredakan iritasi atau rasa sakit di saluran cerna bayi, baik akibat perut kembung atau kolik. Manfaat ini diduga berasal dari kandungan adas di dalamnya. Apabila keluhan tak kunjung reda, disertai diare dan muntah terus-menerus, segeralah bawa ke dokter.

Meredakan Hidung Tersumbat

Minyak telon juga memiliki aroma yang dapat meringankan hidung tersumbat pada bayi. Khasiat ini berasal dari kandungan cineole dalam minyak kayu putih yang dapat mengencerkan lendir dalam hidung sehingga mudah dikeluarkan.

Meredakan Gejala Eksim

Minyak telon dapat menghidrasi kulit bayi dengan baik serta mengatasi gejala eksim yang ditandai dengan ruam dan gatal. Kemampuan menghidrasi tersebut didapat dari kandungan minyak kelapa.

Itulah manfaat minyak telon untuk bayi. Dapatkan diskon hingga 36% untuk pembelian minyak telon di AladinMall. Nikmati promo Gratis Ongkir dan belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)