Setelah Jakarta dan Surabaya, Program Lingkungan MAPAN Diluncurkan di Karawang

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 14:14 WIB
loading...
Setelah Jakarta dan Surabaya, Program Lingkungan MAPAN Diluncurkan di Karawang
PT Ajinomoto Indonesia meluncurkan Program Lingkungan MAPAN (Mitra heAlth Provider AjiNomoto) di Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang, Jawa Barat, belum lama ini. Foto/Dok PT Ajinomoto Indonesia
A A A
KARAWANG - PT Ajinomoto Indonesia meluncurkan Program Lingkungan MAPAN (Mitra heAlth Provider AjiNomoto) di Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang, Jawa Barat, belum lama ini. Karawang menjadi lokasi ketiga diadakannya program tersebut setelah di Kelurahan Sunter Jaya Jakarta Utara dan Kelurahan Bulak Banteng, Surabaya, Jawa Timur.

Ajinomoto meluncurkan Program Lingkungan MAPAN di Desa Duren, Karawang, karena lokasinya yang berada di sekitar wilayah Pabrik Ajinomoto. Dalam program ini, perusahaan bumbu masak asal Jepang tersebut mengedepankan peningkatan pemahaman gizi seimbang serta penyusunan menu menyehatkan bagi keluarga dengan konsep Bijak Garam, aktivitas ramah lingkungan, dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui UMKM di bidang kuliner.

Ajinomoto bakal melaksanakan kegiatan ini secara menyeluruh sehingga bukan hanya peluncuran program yang dilakukan, tetapi akan ada sesi monitoring, konsultasi, dan juga evaluasi.

Pada program ini, Ajinomoto turut menggandeng PT Ray Hikmah Jaya (RHJ) yang berlokasi di Karawang. Sebanyak 1.000 bibit ayam, 5 ton pakan ternak, dan tempat pilah sampah juga didonasikan pada acara tersebut untuk masyarakat setempat.

Kegiatan ini merupakan manifestasi dari Ajinomoto Shared Value (ASV). ASV merupakan keunikan dan keunggulan dari Ajinomoto Group dalam menciptakan nilai bersama economic value dan social value melalui pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

“Ajinomoto menaruh rasa peduli yang besar dalam bidang kesehatan keluarga, karena dari keluarga yang sehat akan tumbuh bangsa yang kuat," ujar Jasman Silalahi, Direktur PT Ajinomoto Indonesia, saat memberikan sambutan di Aula Desa Duren, Kec. Klari, Karawang, belum lama ini.

Ajinomoto, lanjut Jasman, membantu keluarga Indonesia melalui peningkatan literasi gizi agar dapat menyiapkan makanan yang tidak hanya lezat, tapi juga mengandung gizi seimbang.

"Dari segi kegiatan ramah lingkungan, Ajinomoto Health Provider dari Pabrik Karawang menjelaskan kepada para peserta mengenai pentingnya memilah sampah di rumah. Dengan memilah sampah dari rumah, warga dapat membantu memelihara lingkungan sekitar. Selain itu bisa ada nilai ekonominya juga jika warga ikut berkontribusi dalam proses daur ulang sampah," beber Jasman.

"Selain pilah sampah, kami juga memperkenalkan bagaimana pengolahan limbah padat maupun cair di Pabrik Karawang hingga menjadi produk pakan ternak alternatif yang memiliki nilai jual. Kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan untuk membantu meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia dan mengurangi dampak lingkungan,” tambahnya.

Dalam acara tersebut hadir pula Chef Jordhy Aldyan Latif, alumni Master Chef Season 6, yang membagikan pengalamannya dalam merintis usaha kuliner. Sharing pengalaman ini tentu bisa memberikan inspirasi bagi warga Desa Duren.

"Ajinomoto juga mengajak para warga yang berencana memulai usaha kuliner maupun yang sudah memiliki usaha kuliner untuk ikut serta dalam Lomba UMKM Kuliner Ajinomoto. Ajinomoto menyediakan hadiah berupa dukungan dana untuk pengembangan usaha bagi para pemenang Lomba UMKM Kuliner Ajinomoto ini,” pungkas Jasman.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)