5 Alasan Kenapa Renang Jadi Olahraga Terbaik saat Cuaca Panas

Senin, 09 Oktober 2023 - 10:48 WIB
loading...
5 Alasan Kenapa Renang Jadi Olahraga Terbaik saat Cuaca Panas
Selain menyegarkan tubuh, ternyata berenang di musim panas dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Indonesia sedang dilanda panas yang sangat terik. Salah satu olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan ketika cuaca panas adalah renang.

Selain menyegarkan tubuh, ternyata berenang di musim panas dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Dalam sekali berenang, tubuh bisa menjadi lebih bugar, jantung lebih sehat, hingga menghilangkan stres.

Untuk mengetahui lebih jelas, simak rangkuman informasi yang dikutip dari laman The Game, Senin (9/10/2023), tentang alasan berenang bisa menjadi olahraga terbaik di musim panas.


1. Membuat Tubuh Tetap Sejuk

Musim panas bisa membuat kita menjauhi olahraga hanya karena terasa terlalu panas untuk melakukannya. Namun, keadaan tersebut tidak boleh membuat kita berhenti berolahraga. Cobalah untuk melakukan olahraga renang. Sebab, berenang dapat membuat Anda tetap sejuk di tengah cuaca panas. Hal tersebut terjadi karena berendam di air adalah cara alami untuk mendinginkan tubuh.

Jadi memanfaatkan berenang sebagai salah satu olahraga musim panas pasti terdengar lebih menarik daripada berlari di bawah sinar matahari.

2. Olahraga yang Menggerakkan Seluruh Tubuh

Berenang menjadi salah satu olahraga yang efektif karena melatih atau menggerakkan seluruh bagian tubuh serta memanfaatkan kelompok otot yang berbeda dari ujung kepala hingga ujung kaki. Selain itu, air juga berfungsi sebagai penahan cahaya, yang dapat membantu membangun kekuatan Anda.

Mengingat manfaat ini, berenang adalah cara yang bagus untuk mengencangkan otot dan membangun daya tahan otot. Hal ini bisa didapat dengan gaya renang apapun yang Anda pilih.

3. Dapat Tingkatkan Kesehatan Jantung

Berenang juga merupakan salah satu bentuk olahraga kardio. Saat berenang, sistem kardiovaskular yang ada di dalam tubuh mengerahkan banyak tenaga. Hasilnya, olahraga ini memperkuat jantung dan paru-paru. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah.


4. Bantu Menghilangkan Stres

Cuaca panas ditambah dengan kesibukan sehari-hari rasanya meningkatkan stres di tubuh kita. Saat berada di dalam air dan berenang, Anda hanya fokus pada latihan dan diri sendiri sehingga stres menjadi hilang.

Maka itu, berenang disebut sebagai cara yang bagus untuk melepas lelah dan benar-benar melatih hubungan antara pikiran dengan tubuh. Manfaat ini belum tentu bisa didapatkan melalui olahraga lain.

5. Tingkatkan Keseimbangan Tubuh

Terakhir, berenang dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh serta cara yang efektif untuk membakar kalori.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)