Doyan Makan Pedas? Berikut Jenis Sambal di Indonesia yang Wajib Kamu Cocol!

Senin, 09 Oktober 2023 - 20:20 WIB
loading...
Doyan Makan Pedas? Berikut...
Umumnya, orang Indonesia menyukai makanan dengan cita rasa pedas. Kalau Anda termasuk, Anda wajib tahu berbagai jenis sambal di Indonesia yang enak. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Umumnya, orang Indonesia menyukai makanan dengan cita rasa pedas. Kalau Anda termasuk, Anda wajib tahu berbagai jenis sambal di Indonesia yang enak dan lezat serta cocok disantap dengan lauk apa pun!

Konon katanya, rasa pedas pada makanan bisa menggugah selera dan membuat makan jadi lebih lahap. Mengonsumsi makanan pedas juga memiliki sejumlah keuntungan karena cabai dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Kandungan capsaicin terbukti efektif melawan inflamasi yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

Tertarik makan pedas? Cobain aneka jenis sambal di Indonesia berikut ini supaya makan Anda jadi lebih lahap!

Jenis Sambal di Indonesia





1. Sambal Rica-Rica


Sambal rica-rica berasal dari Manado. Sambal ini bisa dicampurkan ke dalam aneka masakan. Rasa sambal ini tergolong pedas sesuai dengan cita rasa khas masakan Manado yang dominan pedas.

Sambal rica-rica dikatakan juga sebagai sambal goreng karena proses memasak sambal ini menggunakan teknik menggoreng. Tidak hanya bercita rasa pedas, sambal rica-rica juga punya harum yang menggugah selera karena pada campuran sambal cabai merah ditambahkan daun jeruk, air jeruk nipis, jahe dan serai.

2. Sambal Terasi


Sambal terasi sangat terkenal di Indonesia dengan cita rasa khas sambal pedas serta gurih dan aroma terasi. Terasi sendiri merupakan bumbu khas Indonesia yang berasal dari udang. Sambal terasi terdiri dari racikan cabai, bawang merah dan bawang putih dan tambahan terasi yang menyebabkan sambal Indonesia satu ini sangat nikmat.

3. Sambal Dadak


Sambal dadak berasal dari masyarakat Sunda, rasanya sangat pedas, biasanya disajikan dengan nasi tutug oncom lengkap. Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ini adalah cabai rawit, cabai merah, terasi yang sudah dibakar, bawang merah, tomat, gula jawa, garam dan jeruk limau.

Jeruk limau dalam sambal dadak akan membuat rasanya lebih segar. Semua bahan tersebut dijadikan satu dan diulek tanpa digoreng atau direbus, namun semua bahan sambal ini tidak diulek sampai halus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2317 seconds (0.1#10.140)