Sensasi Sambal Ikan Roa Khas Manado, Ini Kunci Kelezatannya

Selasa, 22 Agustus 2023 - 20:47 WIB
loading...
Sensasi Sambal Ikan Roa Khas Manado, Ini Kunci Kelezatannya
Sambal ikan roa menjadi salah satu makanan khas Manado yang diminati masyarakat Indonesia, khususnya pencinta pedas. Foto/ klimg
A A A
JAKARTA - https://www.sindonews.com/topic/18304/sambalikan roa menjadi salah satu makanan khas Manado yang diminati masyarakat Indonesia, khususnya pencinta pedas.

Bukan hanya sensasi pedasnya yang menggoda, juga ikan roa yang lezat yang menyatu dengan sambal.



"Jika ingin membuat sambal, bisa menambahkan ikan di dalamnya. Salah satunya adalah sambal roa, sajian khas Manado," kata Chef Hendri Syamsul kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (22/8/2028).

Menurutnya, proses membuat sambal roa sendiri cukup sederhana, di mana kunci kelezatan terletak pada ikan roa itu sendiri.

"Biar lebih sedap, bisa menggunakan ikan roa panggang siap pakai. Anda bisa mencarinya di supermarket," tuturnya.

Langkah pertama, buang bagian tulang ikan roa dan haluskan hingga merata. Kemudian, haluskan bumbu yang terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan sedikit terasi untuk pemberi aroma.

“Untuk penggunaan khususnya pada cabai merah, disesuaikan dengan selera masing-masing. Karena tingkat kepedasan setiap orang berbeda-beda,” katanya.

“Penggunaan bawang putih dan bawang merah harus seimbang. Fungsinya adalah agar aroma kekuatan dari bawang tidak terlalu menonjol, sementara penggunaan terasi berfungsi untuk meningkat kan aroma sambal roa makin enak dimakan,” ujar dia.



Bila sudah dihaluskan, tumis bumbu halus hingga harum menggunakan minyak goreng lebih banyak dari biasanya. Masukkan ikan roa yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata.

"Kemudian, kasih garam dan gula secukupnya, aduk lagi. Mendekati matang, masukkan tomat. Campurkan kembali hingga merata. Sambal roa pun siap disajikan," tuturnya lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)