5 Bahan Alami Mengatasi Ketombe, Nomor 1 dan 2 Paling Mudah Ditemukan

Rabu, 11 Oktober 2023 - 09:09 WIB
loading...
5 Bahan Alami Mengatasi Ketombe, Nomor 1 dan 2 Paling Mudah Ditemukan
Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang paling menyebalkan yang cukup sulit diatasi. Kondisi ini bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Foto/ IIoydspharmacy.
A A A
JAKARTA - Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang paling menyebalkan yang cukup sulit diatasi. Kondisi ini bisa membuat seseorang tidak percaya diri.

Lalu, bagaimana mengatasi ketombe ? Dilansir Health Line pada Rabu (11/10/2023), berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh mengatasi masalah ketombe Anda.


Bahan Alami Mengatasi Ketombe

1. Minyak kelapa

Terkenal dengan berbagai manfaat kesehatan, minyak kelapa sering juga digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe. Selain itu dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit, serta mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe .

Sebuah penelitian kecil terhadap 34 orang menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit.

Penelitian lain menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu pengobatan eksim, suatu kondisi kulit yang dapat menyebabkan ketombe.

2. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk kecantikan. Salah satunya untuk mengusir ketombe di kulit kepala Anda.

Saat gel aloe vera dioleskan pada kulit, bahan ini dipercaya dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis dan luka dingin, bermanfaat juga dalam pengobatan ketombe.

Menurut sebuah ulasan, sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi dari ketombe. Demikian pula, penelitian tabung reaksi menemukan bahwa lidah buaya efektif melawan beberapa spesies jamur dan dapat membantu mengendalikan infeksi yang menyebabkan rambut rontok dari kulit kepala.

3. Minyak pohon teh

Secara historis, minyak pohon teh telah digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari jerawat hingga psoriasis, termasuk ketombe.

Selain itu terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, dapat membantu meringankan gejala ketombe.Faktanya, menurut sebuah ulasan, minyak pohon teh efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

4. Soda kue

Soda kue adalah salah satu obat ketombe yang cepat, mudah, dan mudah didapat. Nantinya ketika dipakai akan dijadikan sebagai eksfoliasi lembut untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kerak dan gatal.

Bahan ini juga memiliki sifat anti-jamur yang bermanfaat dalam pengobatan ketombe. Sebuah penelitian dilakukan, terdapat sebuah tabung yang dapat mengukur efek antijamur dari soda kue pada beberapa jenis jamur paling umum yang menyebabkan infeksi kulit.

Hal ini menunjukkan bahwa soda kue bisa membantu menghambat pertumbuhan jamur pada 79 persen orang setelah tujuh hari. Penelitian lain dilakukan, mengamati efek soda kue pada 31 orang dengan psoriasis. Perawatan dengan mandi soda kue secara signifikan bis mengurangi rasa gatal dan iritasi hanya dalam waktu tiga minggu.


5. Cuka sari apel

Cuka sari apel sering digunakan untuk kesehatan, karena memiliki banyak manfaat. Termasuk meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Cuka sari apel juga sering digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe . Keasaman cuka dipercaya, dapat membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Cuka sari apel juga dikatakan dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4378 seconds (0.1#10.140)